Festival Tari Dunia, Tari Topeng Siswa Al Izhar Raih Prestasi

0
1313
Tari Topeng Betawi (Foto: ANTARA FOTO/Teresia May/Koz/Spt/14.

WALES INGGRIS, Bisniswisata.co.id: Prestasi anak-anak Indonesia di pentas dunia kembali diukir. Tari Topeng dan Tari Papua yang dibawakan siswa Perguruan Tinggi Al Izhar, menjadi yang terbaik kedua kategori Dancing in the street dalam Llangollen Dance Competition Eisteddfod 2017.

Festival selama enam hari untuk musik dan tarian yang diikuti 4.000 di Wales, 3-9 Juli 2017 itu sukses ditaklukkan kontingen Merah Putih. Selain kategori Dancing in the street, prestasi terbaik juga dicatatkan anak anak Al Izhar juga dalam kategori Coreographic Folklore dan traditional folk dance

“Tari Randai dan Tari Piring meraih posisi ke empat dengan nilai 83,7 di kategori Coreographic Folklore dan Rapai Geleng meraih posisi ke lima dengan nilai 91 di kategori Traditional Folk Dance. Tarian asli Indonesia ini dipandang juri sebagai tarian yang otentik, unik dan original,” kata Ketua Yayasan Anakku Arniyani Arifin dalam keterangan tertulis, Rabu (12/07/2017).

Dari situs web resmi festival, juara untuk kategori coreographic Folklore ini diraih Loughgiel Folk Dancers dari Irlandia Utara, diikuti peringkat dua dan ketiga diraih Gabhru Panjab de dan Real Folk Cultural International, keduanya dari India.

Dan Traditional Folk Dance, peringkat pertama disambar Loughgiel Folk Dancers dari Irlandia Utara kemudian disusul peringkat kedua dan keempat, Gabhru panjab de (India), Corrivrechan (Skotlandia), Real Folk CultUral International (India)

Tampilnya Perguruan Tinggi Al Izhar di Wales itu mempunyai misi memperkenalkan, mempromosikan dan melestarikan seni dan budaya Indonesia dalam bentuk tarian tradisional, musik tradisional dan makanan khas kepada generasi muda dunia. Goalnya, apalagi kalau bukan menggiring generasi muda yang berasal dari berbagai negara untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia.

“Sebelumnya misi Budaya Al-Izhar telah mendapat kepercayaan dari berbagai pihak untuk mewakili Indonesia di kancah pertunjukan seni dan budaya Internasional. Siswa-siswi Al-Izhar kerap tampil di berbagai ajang dan festival dunia, seperti di Perancis, Kanada, Turki, Bulgaria, Amerika Serikat, Spanyol, Polandia, Inggris, dan Hungaria,” kata dia.

Selain tampil di Wales, anak asuh Arnihani ini juga tampil di Festival Le Mondial des Cultures de Drummondville (7 – 15 Juli) 2017 di Woodyatt Park, Drummondville, Quebec, Kanada. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.