Festival Kuliner Nusantara Sajikan Ragam Masakan Daerah

0
3921

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) DKI Jakarta bersama Panitia HUT DKI Jakarta ke 488 menyelenggarakan Festival Kuliner Nusantara 2015. Festival makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia ini akan diadakan pada Minggu, 14 Juni 2015 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Festival dimulai pukul 09.00 hingga 21.00 dengan target pengunjung sebanyak 100.000 orang. Festival Kuliner Nusantara 2015 baru pertama kali diadakan ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke 488. “Acara ini terbuka untuk umum, gratis masuk lokasi acara. Jadi warga Jakarta silakan datang ke acara ini,” kata Happy Farida, Ketua Panitia di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (8/6).

Kuliner yang dijajakan dalam festival ini belum mewakili seluruh daerah yang ada di Indonesia. Baru hanya kuliner daerah yang sudah familiar bagi warga Jakarta. Seperti makanan khas Betawi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Aceh, Nusa Tenggara Timur, Manado dan Palu.

“Warga Jakarta kan dari berbagai macam suku daerah. Ide semula, kami ingin bisa memenuhi keinginan masyarakat yang berasal dari luar Jakarta, kalau kangen sama makanan khas daerahnya, bisa jajan di festival ini,” ujar Happy.

Alasan belum dapat menyajikan kuliner dari seluruh suku daerah di Indonesia, istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat ini menyatakan ada kekhawatiran bila menyajikan kuliner khas suku daerah tertentu yang belum familiar dengan lidah dan pengetahuan warga Jakarta.

“Karena ini kegiatan awal, jadi belum lengkap. Kemudian ada ketakutan kalau mengajak pedagang binaan menjual makanan yang tidak biasa, familiar, ada kekhawatiran tidak ada yang membeli,” katanya.

Ada 58 organisasi wanita anggota BKOW Provinsi DKI Jakarta akan meramaikan acara ini. Dari 52 stand yang ada, sebanyak 32 stand akan diisi oleh binaan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI, Dinas Perindustrian dan Energi DKI serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI. Lalu 20 stand lainnya untuk stand sponsorship.

Penyelenggaraan Festival Kuliner Nusantara ini merupakan salah satu upaya untuk mengangkat kearifan lokasi, baik berupa kuliner Betawi maupun kuliner nusantara. Khusus untuk kuliner Betawi akan disajikan berupa dodol dari Jakarta Selatan, Kerupuk Sukun dari Kepulauan Seribu, emping dari Jakarta Timur.

Selain sajian dan penjualan kuliner nusantara, kegiatan ini akan menampilkan peresntasi 30 ikon kuliner tradisional di Indonesia, pentas seni dan budaya, peragaan busana, talk show, robotic show, line dance dan tata cara merawat wajah. Serta aneka lomba yang melibatkan ibu dan anak, diantaranya lomba menghias tumpeng, lomba kreatifitas anak menghias cupcakes dan lomba mewarna. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.