Festival Film Cannes 2015 Dimulai, Indonesia Sodorkan 3 Film

0
880

CANNES, test.test.bisniswisata.co.id: Festival Film Cannes ke-68 2015, resmi dimulai. Upacara pembukaan, dilakukan aktor Prancis Lambert Wilson, berlangsung di Istana Festival Cannes Prancis, Rabu (13/5/2015) malam hingga Minggu 24 Mei 2015.

Indonesia mengirimkan 3 film dalam festival tahunan ini, Ketiga film itu “Filosofi Kopi” yang masuk dalam Cannes Market Screening yang akan diputar pada 13 Mei. Dua film lain yakni “The Fox Exploits The Tiger’s Might: dan “Tabula Rasa”.

Film pembuka tahun ini, yaitu film Prancis La Tete Haute (Standing Tall) oleh aktris, sutradara film dan penulis skenario asal Prancis Emmanuelle Bercot. Ini merupakan kedua kalinya dalam sejarah Festival Film Cannes yang film pembukanya disutradarai oleh seorang wanita.

Film itu bercerita tentang perjalanan hidup seorang anak bernama Malony, dari usia 6 hingga 18 tahun, melalui peradilan anak, dan upaya yang tak kenal lelah dari seorang hakim dan seorang konselor untuk menyelamatkannya.

“Film Emmanuelle Bercot membuat pernyataan penting tentang masyarakat kontemporer, sesuai dengan bioskop modern. Ini memfokuskan pada isu-isu sosial yang universal sehingga cocok untuk khalayak global di Cannes,” kata Thierry Frémaux, direktur festival.

Juri dari kompetisi utama, terdiri dari sembilan orang, dipimpin oleh dua bersaudara dari Amerika Serikat Joel dan Ethan Coen, yang memenangkan Palme d’Or pada 1991. Aktris Prancis Sophie Marceau dan aktor Amerika Jake Gyllenhaal juga ada di antara para juri.

Sejumlah 19 film, termasuk tiga film dari Asia, dipilih pada April untuk bersaing meraih penghargaan utama Palme d’Or. Film-film tersebut di antaranya film Shan He Gu Ren karya sutradara, penulis skenario dan produser Jia Zhangke dari Tiongkok daratan, film Nie Yinniang (the Assassin) oleh Hou Hsiao-Hsien dari Taiwan, dan Umimachi Diary oleh Kore-Eda Hirokazu dari Jepang.

Salah satu produser film The Fox Exploits The Tiger’s Might, Meiske ‘Dede’ Taurisia mengatakan film yang mengangkat tema kekuasaan dan seksualitas ini akan ditayangkan dalam Cannes Market Screening pada 16, 17, dan 20 Mei 2015.

Dan Tabula Rasa akan diputar dua kali. Sutradara The Fox Exploits The Tiger’s Might Lucky Kuswandi mengatakan pihaknya mengikutsertakan film ini ini sesuai aturan yang ada. Pendaftaran dan pengiriman film dilakukan pada Febuari 2015. Selanjutnya, konfirmasi masuk dalam kompetisi Critic’s Week diterima pada April 2015. (redaksibiniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.