Festival Danau Toba 2015 Digelar di Brastagi

0
2355
Danau Toba (foto. kelilingnusantara.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Setelah sebelumnya berlangsung di Samosir (2013) dan Balige (2014), kini Festival Danau Toba kembali digelar pada 2015 dengan mengambil lokasi di Brastagi, Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Festival Danau Toba (FDT) merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah berlangsung sejak 2013. Kegiatan festival ini merupakan pengganti dari Pesta Danau Toba yang sudah ada sejak 1983. Awalnya Pesta Danau Toba digagas masyarakat lokal. Mereka bersyukur atas keberadaan Danau Toba yang berperan penting bagi kehidupan suku Batak yang tinggal di pesisir Danau Toba.

Festival Danau Toba (FDT) 2015 yang akan berlansung pada 19 – 22 November 2015, dimaksudkan untuk men-trigger pengembangan daerah Kabupaten Karo.

Melalui beragam kegiatan festival, Danau Toba kini dipromosikan sebagai kawasan wisata geopark. “Ada 10 prioritas destinasi wisata yang menjadi fokus pemerintah, salah satunya Danau Toba. Upaya revitalisasi Danau Toba diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi keberlanjutan wisata tersebut,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, beberapa waktu lalu.

Penetapan Danau Toba masuk dalam prioritas pengembangan destinasi wisata disebabkan telah memenuhi tiga kriteria umum, yaitu punya daya tarik, luas kawasan lebih dari 100 hektar, dan memiliki aksesibilitas dan infrastruktur.

Yang dimaksud 10 destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) itu dalah Borobudur (Jateng), Mandalika (Lombok NTB), Labuhan Bajo (NTT), Bromo-Tengger Semeru (Jatim), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Toba (Sumut), Wakatobi (Sulteng), Tanjung Lesung (Banten), Morotai (Malut), Tanjung Kelayang (Babel).

“Kami berharap melalui festival ini popularitas Danau Toba kembali terangkat setelah terpuruk sepi dari kunjungan wisman maupun wisnus. Padahal di era tahun 1980-an pernah menjadi destinasi unggulan berkelas dunia berbasis geopark,” ungkap Kadis Budpar Sumut, Elisa Marbun.

Ia mengatakan, “Destinasi wisata Danau Toba memiliki keunggulan sejarah gunung yang mempunyai letusan terdasyat dunia atau sebagai supervolcano. Tercatat pada 75.000 tahun lalu supervolcano Toba menghasilkan kaldera dan menjelma Danau Toba berserta Samosirnya”.

Selain mempunyai sejarah yang hebat menurutnya Danau Toba juga memiliki obyek wisata alam dan budaya yang menarik. “Kita ingin gencarkan promosi untuk menarik wisman dan wisnus ke Sumut,” tegasnya.

Festival ini akan mengangkat atraksi seni budaya dan wisata olahraga (sport tourism) di antaranya: karnaval ulos, geopark karnaval, upacara tradisi, lomba solu bolon, lomba vokal solo dan lomba paduan suara, lomba renang rakyat, lomba bina raga, lomba fotografi FDT, pameran, fashion show etnik, seminar, serta hiburan artis ibukota dan daerah. (evi)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.