Fasilitas Destinasi Wisata Pulau Maratua Dikeluhkan Wisatawan

0
601
Pulau Maratua (Foto: Kompas.com)

BERAU KALTIM, Bisniswisata.co.id: Wisatawan yang berwisata di Pulau Maratua, Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Kaltim) terkait minimnya seperti tidak adanya pusat informasi wisata, terbatasnya restoran, toilet bersih hingga mesin anjungan tunai mandiri (ATM), mendapat reaksi cepat dari Pemkab Berau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Mappasikra Mappaseleng mengatakan, pihaknya bakal membenahi fasilitas di pulau cantik itu. Pembenahan itu akan membuat travelista makin betah saat pelesiran di Pulau Maratua. Selain itu, Pemkab Berau juga ingin menjaga tren kunjungan wisatawan. Sepanjang Januari-Agustus 2017, tiga ribu wisatawan berkunjung ke Pulau Maratua.

“Dari jumlah itu, sebanyak 70 persen di antaranya merupakan wisatawan mancanegara (wisman). Kami akan memberdayakan masyarakat lokal sebagai pemandu profesional guna mengatasi permasalahan pusat informasi wisata di Maratua. Sebab, masyarakat lokal akan lebih mudah memandu wisatawan untuk informasi apa pun,” kata Mappasikra dalam keterangan tertulis, Selasa (05/09/2017).

Juga akan berkoordinasi dengan Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) Berau mungkin bisa membuka rumah makan di Pulau kawasan Derawan dengan harga yang relatif terjangkau, sambungnya.

Terkait mesin ATM, sambung dia, Disbudpar bakal bekerja sama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim atau Bankaltim. Mappasikra mengakui, berbagai fasilitas itu memang mutlak dibangun di Pulau Maratua.

Apalagi, dalam waktu dekat, Maratua dan pulau-pulau sekitar akan kedatangan sekitar seribu wisatawan asal Tiongkok. Selain itu, Pemkab Berau juga akan menggelar festival jaz di Maratua, Oktober 2017. “Kami akui adanya mesin ATM akan membantu wisatawan. Informasi yang kami dapat dari Bankaltim, mereka akan membuka cabang di Maratua dalam waktu dekat,” kata Mappasikra.

Pesona Pulau Maratua, terutama keindahan bawah laut, sudah tak perlu diragukan lagi. Mappasikra mengatakan, Pulau Maratua sebagai salah satu jualan utama Berau memiliki 40 spot menyelam yang aduhai.

Karena itu, sangat disayangkan apabila wisatawan enggan menjadi repeater hanya gara-gara fasilitas di Pulau Maratua tak lengkap. “Tentu kami akan berbenah diri. Kami juga meminta agar secepatnya dibangun KCP atau mesin ATM di Pulau Maratua ini,” tambahnya, (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.