Express Air Terbangi Jambi-Bandung

0
668
Express Air

JAMBI, Bisniswisata.co.id: Jalur penerbangan pesawat dari dan menuju Jambi bakal semakin ramai. Salah satu maskapai penerbangan nasional, Xpress Air tengah bersiap membuka rute penerbangan baru Jambi-Bandung, Jawa Barat.

“Pembukaan rute baru tersebut sebagai upaya mendukung sektor pariwisata di Provinsi Jambi. Progres pembukaan rute penerbangan baru tersebut masih dalam proses perizinan,” papar Station Supervisor Xpress Air perwakilan Jambi, Yuarno Arbi, seperti dilansir laman Liputan6.com. Jumat (15/12/2017).

Dalam melayani rute penerbangan Jambi-Bandung itu, Xpress Air menggunakan pesawat jenis Boeing 737/500 dengan kapasitas 123 tempat duduk. Sementara jarak waktu tempuh yang diperlukan sekitar 1 jam 30 menit.

Namun demikian, Arbi belum bisa memberikan tanggal pasti kapan rute baru tersebut dibuka. Rencananya, ada empat kali penerbangan dalam sepekan, yakni pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. “Izin dikeluarkan, rute langsung dibuka. Persiapan rute baru ini juga sudah dikoordinasikan dengan pihak Bandara Sultan Thaha Jambi,” ucap Arbi.

Menurut Arbi, rute baru tersebut akan mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jambi yang tengah gencar meningkatkan sektor pariwisata di daerah itu. Sebab, kata dia, rute baru tersebut sangat potensial, karena ada 30 persen penumpang dari Jambi dengan tujuan Bandung.

Selain itu, rute penerbangan baru dari Jambi menuju Bandung atau sebaliknya, merupakan cara menggeser pasar untuk mengurangi kesibukan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. “Jadi penumpang tidak harus transit dulu di Jakarta sehingga waktu tempuh menuju Bandung juga semakin cepat,” kata Arbi.

Tercatat Provinsi Jambi memiliki 235 obyek wisata. Selain wisata sejarah Kerajaan Kuno dari abad ke 3. Namun agak disayangkan seperti Kerajayan Koying yang berdiri sekitar abad 3 ini nyaris tanpa meninggalkan jejak. Selain wisata sejarah, Jambi menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang bisa dibilang cukup wajib untuk dikunjungi.

“Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” yang menjadi semboyan Provinsi Jambi ini memiliki 9 Kabupaten dan 2 Kota. Dan hampir semua Kabupaten dan Kota ini memiliki potensi wisata dengan keunggulannya masing-masing. Ada salah satu tempat wisata di Jambi yang cukup terkenal yakni Taman Nasional Bukit Dua Belas. Dimana di dalamnya terdapat suku anak dalam yang hingga kini masih hidup dengan cara yang sangat tradisional.

Dari jumlah itu, ada beberapa tempat wisata di Jambi menjadi hits dan wajib dikunjungi, antara lain:

# Candi Muaro Jambi

Candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata ini terluas di Indonesia. Tahun 2009, UNESCO menetapkan candi berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi. Ditemukan S.C Crooke, seorang letnan Inggris tahun 1820, dan dipugar pemerintah Indonesia tahun 1975. Sampai kini, terhitung ada 61 buah candi sebagian besar tertutup tanah. Selain candi, ditemukan perkakas rumah tangga membuktikan kawasan ini dulu digunakan tempat tinggal para biksu. Juga keramik Cina dari dinasti Song yang menandakan adanya hubungan intermasional antara Kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina. Wisata budaya ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi sekitar 26 km dari pusat kota Jambi.

# Taman Mini & Taman Rimba Jambi

Kompleks ini tempat wisata terpadu menawarkan sport tourism, taman rekreasi dan wisata budaya. Kompleks ini dibagi jadi dua: Taman Mini dan Taman Rimba. Taman Mini ini merupakan tempat wisata di Jambi yang menghadirkan miniatur budaya yang ada di provinsi ini. Konsepnya sama dengan Taman Mini yang ada di Jakarta, yaitu menampilkan replika bangunan khas daerah. Bedanya, jika di Jakarta yang ditampilkan adalah budaya seluruh daerah di Indonesia, di sini yang ditampilkan hanya budaya setiap kabupaten di Jambi.

Taman Rimba merupakan kebun binatang kebanggaan warga Jambi. Bisa melihat beragam spesies binatang. Yang menarik adalah adanya sangkar burung berbentuk setengah lingkaran kaca raksasa berisi beraneka jenis burung mulai dari burung bangau sampai burung kasuari. Di kompleks seluas 18 hektar, berada di Jalan Sunaryo atau hanya sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin.

# Museum Negeri Jambi

Jika menyukai wisata budaya dan sejarah, datang ke Museum Negeri Jambi adalah pilihan yang tepat. Tempat wisata ini berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Jambi. Bangunan museum ini dibuat menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi. Di sini, Anda bisa menemukan banyak koleksi benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti peralatan berburu, anyaman khas Jambi, batik tenun dengan motif bunga yang khas dan juga binatang yang diawetkan.

# Geopark Merangin

Bagi wisatawan yang gemar arum jeram jangan lewatkan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Merangin ini. Geopark merangin tidak hanya menawarkan arum jeram saja tetapi keunikan fosil flora berusia hampir 350 tahun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan ini masih diselimuti hutan lebat dengan beragam jenis tanamannya. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari Jambi, Ibukota provisi Jambi.

# Wisata Danau

Jambi kaya akan danau. Tercatat ada lima danau ternama di Jambi. Danau Gunung Tujuh, Danau Kaco, Danau Sipin, Danau Belibis, dan Danau Kerinci. Destinasi wisata danau dengan kondisi alam sekitar yang sangat indah dan alami serta memiliki air yang begitu jernih. Keindahan Danau dilengkapi oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Pada beberapa titik di pinggir danau terbentang pasir yang menyerupai pantai.

Bahkan danau ini difungsinya tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan mujair dan nila. Di tengah danau Sipin misalnya, bisa melihat banyak keramba dan jala milik nelayan. Jika ingin melihat aktifitas nelayan dari dekat, Anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau. Beda dengan Danau belibis yang lokasinya berdekatan dengan gunung ayam. Danau kecil ini, seluruh permukaanya hampir tertutup dengan belibis bahkan di tengah-tengah danau ada pulau terapung yng berputar-putar mengelilingi danau.

Sementara Danau Gunung Tujuh Kerinci terletak di tempat Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya puncak Gunung Kerinci, Jambi. Taman Nasional ini adalah wilayah flora serta fauna terbesar di pulau Sumatera sehingga ditetapkan UNESCO menjadi situs warisan dunia. Danau Gunung Tujuh Kerinci terdapat atau terletak di Desa Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi nya tidak banyak agak jauh, dimana dari pusat Kota Jambi menuju lokasi wisata tidak lebih lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan.

# Tanggo Rajo

Tanggo rajo ini tak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau Pantai Losari yang menawarkan wisata kuliner di tepi perairan. Tempat wisata di Jambi yang banyak dikunjungi pada sore dan malam hari ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Selain pemandangan Sungai Batanghari dan matahari terbenam, Anda juga bisa menikmati kuliner yang banyak dijual di warung tenda sekitar tempat wisata ini. Menunggu momen matahari terbenam sambil menikmati jagung bakar bersama orang terkasih di sini tentu akan menyenangkan. Pada akhir pekan, tempat wisata di Jambi ini banyak didatangi pemancing. Selain digunakan sebagai tempat rekreasi, Tanggo Rajo juga seringkali dijadikan lokasi peringatan HUT Jambi dan berbagai acara besar lainnya. Tempat wisata ini berada di Jalan Sultan Thaha, Pasar Jambi.

# Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman anggrek ini berada di Jalan Ahmad Yani atau di depan kantor gubernur Jambi. Tempat wisata ini menyediakan informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya. Tempat wisata di Jambi ini banyak didatangi penggemar bunga dari dalam maupun luar kota. Anda bisa menemukan lebih dari 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar ini. Untuk bisa melihat secara langsung bunga-bunga cantik ini. Tidak akan pulang dengan tangan kosong dari Taman Anggrek Sri Soedewi karena ada bibit bunga yang diberikan secara gratis untuk Anda bawa ke rumah.

# Wisata Kebun Teh Kayu Aro

Tempat Wisata Perkebunan Teh Kayu Aro mempunyai beberapa keistimewaan, kebun teh ini adalah perkebunan teh tertua di Tanah Air dimana telah ada semenjak masa penjajahan kolonial Hindia Belanda tahun 1925. Kedua, perkebunan ini yang telah di sebutkan adalah yng terluas serta tertinggi kedua di dunia sesudah Perkebunan Teh Darjeeling yng ada di India. Perkebunan Teh Kayu Aro mempunyai luas sekira 2,500 hektar serta berada di ketinggian 1.600 m dpl. Ketiga, teh yng ditanam di Perkebunan Teh Kayu Aro merupakan teh ortodox ataupun yng lebih dikenal yang dengannya nama teh hitam dimana adalah teh mempunyai kualitas tinggi. bagaimana menarik bukan? kebun teh ini, kamu mampu berkunjungi bersama keluarga maupun sahabat kesini biar lebih lengkap dalam berwisatanya.

# Istana Sultan Thaha Saifuddin

Kesultanan Jambi merupakan kerajaan Islam yng berkedudukan di provinsi Jambi saat ini. Kerajaan ini berbatasan yang dengannya Kerajaan Indragiri serta kerajaan-kerajaan Minangkabau semisal Siguntur serta Lima Kota di utara. Di selatan kerajaan ini berbatasan yang dengannya Kesultanan Palembang. Jambi pun mengendalikan lembah Kerinci, meskipun pada akhir masa kekuasaannya kekuasaan nominal ini tak lagi dipedulikan. Sultan Thaha Saifuddin adalah satu dari sekian banyaknya pahlawan nasional asal Jambi akan tetapi sejarah tidak tidak sedikit mengisahkan ihwal perjalanan hidup serta lika-liku perjuangan yng dihadapi Sultan Thaha Saifuddin dalam bisnis melawan penjajah demi mempertahankan nusantara. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghargai serta mengenang jasa Sultan Thaha Saifuddin maka Pemerintah Jambi menjadikan Istana Sultan Thaha Saifuddin serta Makam Sultan Thaha Saifuddin menjdai cagar alam yng Perlu di awasi kelestariannya. (BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.