Enday Media: Turis Eropa Terpesona Wayang Golek

0
875
Wayang golek

BOGOR, Bisniswisata.co.id: Salah satu warisan budaya Sunda, keberadaan Wayang Golek sudah mulai langka. Padahal, dulunya Wayang yang terbuat dari kayu berbentuk menyerupai manusia ini biasanya digunakan sebagai media menyampaikan dakwah.

Meski saat ini peminatnya berkurang, hal itu tidak membuat Enday Media sebagai pengrajin wayang golek di Bogor kehilangan semangat untuk melestarikannya. Saat ini, usaha kerajinan wayang goleknya masih berdiri. Seditik bercerita, Sejak di usia 13 tahun, Enday sudah mampu membuat wayang yang ilmunya diperoleh dari sang ayah yang juga sebagai pengrajin wayang golek.

Kini usahanya makin berkembang, bahkan terdaftar Bogor Tourist Information Center. Setelah terdaftar, gerai miliknya bertajuk Media Art & Handicraft Bogor banyak didatangi pengunjung, termasuk dari luar negeri. “Setiap hari ada sekitar 10 – 15 pengunjung datang, ada yang turis lokal dan turis asing. Kebanyakan turis dari Eropa.” ujar Enday.

Wisatawan bukan hanya membeli wayang tapi juga melihat proses pembuatannya. Sebulan sekitar 30 – 50 lebih wayang yang laku terjual, tergantung peminat dan pesanan yang datang, dengan rata – rata penjualan tersebut, Enday mempunyai penghasilan puluhan juta rupiah.

Ia mematok harga yang berbeda bagi turis asing dan turis lokal yang ingin membeli. “Untuk pembeli turis asing, kita menjualnya dengan harga 40 – 75 euro tergantung besar ukurannya. Sedangkan untuk pembeli turis lokal, dijual dengan harga Rp 200 ribu – Rp 500 ribu,” ujarnya.

Saat ini, Enday memiliki karyawan yang bersifat borongan. Jika banyak mendapat pesanan, ia mengaku bisa mempekerjakan karyawan hingga 50 orang yang merupakan tetangganya.

Dalam pemilihan bahan pembuatan wayang pun, Enday memilih bahan kayu lame. Menurutnya kayu tersebut memiliki kualitas yang cukup baik. “Kayu ini di pilih lantaran kuat dan tahan lama,” ujar Enday seperti dilansir laman Infopublik.id, Ahad (04/06/2017).

Anda tertarik membeli atau sekadar melihat-lihat proses pembuatan wayang golek? Datang saja ke Gerai miliki Enday yang berlokasi di Desa Sirnagalih RT 01/RW 07 Nomor 60, Gunung Batu Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor Jawa Barat. (*/iic)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.