Empat Manfaat Liburan bagi Kehidupan

0
969

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Hidup memang penuh kebutuhan untuk berlibur, berwisata, berkelana, sehingga Anda harus memenuhinya dengan bekerja. Sering kali dalam bekerja, Anda lupa mengistirahatkan diri. Motivasi untuk kehidupan yang lebih baik dan agar tidak ada kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi membuat semakin keras Anda bekerja hingga lupa waktu.

Tidak jarang karena kesibukan kerja, Anda menjadi stres sehingga memutuskan untuk mengambil cuti dan segera berlibur. Ya, liburan ke suatu tempat dan kabur dari rutinitas harian diyakini mampu meredam tingkat stres Anda ke titik terendah, jauh lebih ampuh dibandingkan Anda hanya beristirahat di rumah dengan acara tidur-tiduran. Karena fungsinya tersebut, liburan kini menjadi sebuah gaya hidup senan disadari bahwa aktivitas yang satu ini menjadi hal penting bagi kehidupan.

Selain menurunkan tingkat stres, masih banyak fungsi dari liburan yang pada akhirnya membuat kegiatan ini dirasa menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan Anda. Beberapa manfaat liburan di bawah ini pastinya juga Anda rasakan ketika mulai meninggalkan aktivitas rutin dan beralih membawa koper ataupun ransel untuk berpetualang.


01. Menambah Teman

Setiap liburan, Anda pasti berinteraksi dengan orang lain yang mungkin saja tidak dikenal sebelumnya. Orang-orang tersebut bisa jadi ditemui di tengah perjalanan, dalam suatu kepentingan misalnya saat singgah makan atau menjadi teman perjalanan Anda yang tidak disangka-sangka sebelumnya, dengan tujuan wisatanya serupa. Interaksi dengan mereka ini nyatanya bisa menjadi awal dari persahabatan baru. Tidak aneh pula ketika teman perjalanan yang ditemui saat liburan menjadi sahabat baik di kemudian hari. Ini juga menambah ruang lingkup sosialisasi Anda di dalam hidup. Menambah teman ini tentu menjadi hal penting yang membuat Anda akan selalu ingin berlibur untuk berjumpa orang-orang baru.


02. Mengubah Pola Pikir

Ribetnya masalah pekerjaan membuat pola pikir kita cenderung rumit. Bergaul dengan orang itu-itu saja pun, bisa membuat pola pikir tidak berkembang. Dengan mengistirahatkan otak dan menemui berbagai pribadi baru dalam perjalanan liburan, pola pikir Anda sangat bisa berubah. Pola pikir yang kompleks dapat terurai begitu menyadari ada berbagai pemecahan masalah yang sangat mudah di dalam kehidupan. Pola pikir yang mudah curiga pun bisa jadi hilang melihat betapa banyak orang baik yang Anda jumpai dalam acara jalan-jalan Anda.

03. Menambah Syukur
Tidak jarang Anda mengeluh mengenai kehidupan yang dirasa berat. Anda pun tidak segan-segan memprotes keadaan yang sering kali menyulitkan hidup. Memilih berlibur bisa menjadi detoksifikasi bagi sikap kurang bersyukur tersebut. Melihat kenyataan dunia yang begitu indah akan membuat Anda merasa malu sendiri jika selama ini terus mengeluhkan hidup. Menemui kondisi orang-orang yang mungkin lebih sulit, namun terus berjuang, ketika liburan ke daerah pun akan membuat Anda merasa sangat kerdil karena terus merasa kurang dengan segala kenikmatan yang telah Anda peroleh dalam hidup. Tidak hanya itu, berlibur ke alam bebas juga dapat menambah rasa syukur akan kebesaran Tuhan yang menciptakan semesta.

04. Menambah Inspirasi
Berbagai pengalaman yang Anda dapati dalam perjalanan liburan tidak hanya menjadi kenangan. Hal-hal bahagia dan interaksi dari orang-orang baru dapat menjadi sumber inspirasi yang sulit Anda temui jika hanya mendekam di rumah atau berjibaku di kantor. Dengan memilih pergi ke tempat yang berbeda, Anda akan menemukan berbagai hal baru yang dapat menambah inspirasi. Tentunya inspirasi ini baik untuk kelancaran ide dan semangat Anda dalam bekerja. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.