Eke Ingin Serabikan Kota-kota di Indonesia

0
1353
Eke Kuswardhani Nazarudin dan kue Serabi.

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Serabi (kadang disebut Surabi) merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia, ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya.

Saat bulan puasa makanan yang satu ini tentu menjadi bagian yang sering dihidangkan untuk berbuka puasa, baik itu di restoran, hotel, dan di rumah.

Varian kue serabi pun bermacam-macam, bahkan ada yang diisi dengan berbagai topping, seperti nangka, pisang, cokelat, keju, dan masih banyak lainnya.

Berbeda dengan kue “Serabi Eke’s” yang telah memulai usahanya sejak 2005. Serabi Eke ini berwarna hijau dan hanya dua varian rasa kuahnya, yakni kuah santan (original) dengan gula merah dan kuah durian.

“Kue serabi ini unik, sebagai makanan khas Indonesia dan kebetulan berasal dari daerah kelahiran saya, dari Pulau Bangka. Sejak kecil saya telah menyukai kue yang sering dibuat mama saya,” ujar pemilik kue Serabi Eke’s, Eke Kuswardhani Nazaruddin.

Karena sulit untuk mendapatkan kue serabi, perempuan kelahiran Pangkalpinang, 10 Juni 1970 yang gemar membuat kue ini memulai usaha kue serabinya serta memasarkannya di toko-toko yang berada dekat dengan rumahnya.

Eke mengatakan, “Untuk serabi berwarna putih dengan topping kelapa muda, durian, dan nangka biasanya saya buat sesuai dengan permintaan saja”.

Selain menjual di toko, Ibu dari dua putri Luqyana dan Jasmine ini pernah memasarkannya dengan membuka toko di kantin sekolah Al Azhar BSD dan PTIK Jakarta Selatan. “Itu hanya berlangsung setahun saja, karena setelah ada media sosial saya lebih senang merintis melalui online saja,” ungkap istri dari Tonny Arianto ini.

“Melalui media online lebih menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya. Apalagi saya sudah punya langganan, pesanan datang sendiri. Per bulan biasanya terima orderan 300 pax, tapi di bulan puasa meningkat bisa mencapai 3.000 pax ,” jelas Eke yang awalnya ingin membuka usaha handycraft ini.

Harga yang ditawarkan untuk satu pax(isi 2 pieces) kue serabi, yakni Rp9.000 dengan pembelian minimum order 50 pax untuk diluar wilayah Tangerang Selatan, dan minimum 10 pax untuk wilayah Tangerang Selatan.

“Saat Ramadhan ini dan Lebaran tentu sangat banyak yang pesan. Sebanyak berapa pun pesanannya saya siap menerima pesanan tersebut, asal sudah pesan dari jauh-jauh hari,” ujarnya.

Tidak hanya kue serabi, Eke yang memiliki motto lakukan apa yang bisa dilakukan selagi mampu dan bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain ini juga menerima pesanan kue yang merupakan bagian dari hobbynya, diantaranya kue-kue kering (nastar, putri salju, dll), cake, pudding caramel, klappertart, dan macaroni panggang.

“Harapan saya tidak muluk-muluk, penikmat serabi saya bisa bertambah banyak, dan bisa sampai ke luar kota di seluruh Indonesia, dimana kue serabi dan kuahnya dikemas beku (frozen pan cake),” tutup Eke.

Serabi Eke’s dapat di pesan melalui Hp081513018642/eke-serabi.blogspot.com.(evi).

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.