Duran Duran Kehilangan Hak atas Lagu-lagu Terkenalnya

0
535
Duran Duran

INGGRIS, bisniswisata.co.id: Band Inggris Duran Duran sudah tak bisa lagi mengklaim bahwa lagu terkenal berjudul Rio, Girls on Film, dan A View to Kill, sebagai milik mereka.

Jumat (2/12), pengadilan Inggris memutuskan bahwa band itu tidak bisa lagu mengklaim ulang lagu-lagu mereka yang hak ciptanya juga dipegang Amerika.

Menurut pengadilan, beberapa lagu milik Duran Duran termasuk lagu tema James Bond yang terkenal itu, hak ciptanya dipegang oleh Gloucester Place Music. Itu merupakan label yang dimiliki Sony/ATV, sehingga bukan milik sang band.

Keputusan itu tentu mengejutkan Duran Duran. “Kami terkejut mengetahui bahwa kontrak hukum Inggris digunakan untuk membalikkan hak seniman dalam teritori yang berbeda,” kata Nick Rhodes.

Salah satu personel yang ikut menggagas Duran Duran itu melanjutkan, lebih dari tiga dekade lalu saat menandatangani kesepkatan perilisan lagu itu, dirinya dan teman-temannya masih remaja. Mereka belum tahu apa-apa.

“Kami baru memulai,” katanya. Mereka sama sekali tidak curiga soal hak cipta dan lainnya. Tapi sekarang, kondisinya ternyata berbalik. Mereka dibuat kalah atas lagu yang mereka ciptakan sendiri, di tanah mereka sendiri.

Menurut Rhodes, keputusan itu menjadi preseden buruk bagi pembuat musik lain. Duran Duran pernah melayangkan permintaan hukum kepada Gloucester Place Music untuk mengambil kembali hak cipta mereka, seperti diberitakan Reuters, Ahad (04/12/2016).

Mereka mengutip hukum Amerika, yang memberi mereka ‘hak yang tak bisa dicabut’ untuk mengambil kembali hak cipta atas karyanya sendiri itu, setelah 35 tahun. Namun upaya itu digagalkan oleh hukum Inggris yang berbicara sebaliknya.

Duran Duran merupakan band yang terkenal di akhir 1970-an, dibentuk oleh Rhodes dan John Taylor. Mereka mencapai puncak kejayaan setelah Simon Le Bom bergabung sebagai vokalis utama. Band mereka jadi favorit Putri Diana.

Album Duran Duran terjual lebih dari 60 juta kopi. Mereka juga pernah beberapa kali memenangi Grammy Awards, Brit Awards, dan Unor Novello Awards. (*/NDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.