Dua Komunitas Bandung Gandeng Nexa Hotel Gelar Earth Hour

0
641

BANDUNG, bisniswisata.co.id: Memperingati hari Earth Hour Dunia pad 25 Maret 2017, Komunitas Earth Hour Bandung (EHBDG) dan Komunitas Bandung Bijak Energi menggandeng Nexa Hotel Bandung menggelar acara Semalam (Serentak Matikan Lampu). Acara ini merupakan salah satu agenda dari banyak program kampanye penghematan energi.

Acara ini mengajak masyarakat luas untuk lebih bijak dalam menggunakan energi melalui media-media yang biasa digunakan dalam keseharian.

“Ini merupakan sikap yang kami ambil dalam rangka mendukung program yang dicanangkan pemerintah kota Bandung dalam hal ini Wali Kota Ridwan Kamil,” ujar Carissa Charlene selaku Marketing Communication Manager Nexa Hotel Bandung dalam keterangan tertulis yang diterima Bisniswisata.co.id, Jumat (03/03/2017).

Nexa Hotel dan restoran, lanjut dia, merupakan penyedia jasa layanan 24 jam merupakan salah satu pengguna energi cukup besar di setiap harinya. Karena itu Pemkot mengharapkan hotel pada khususnya dapat memadamkan lampu untuk menghemat energi selama 1 jam mulai pukul 21.00 hingga 22.00 WIB pada hari Jumat pekan ketiga di setiap bulan.

Tentu saja, issue hemat energi ini harus dilakukan dengan aksi nyata dimulai dari diri masing-masing. Diharapkan banyak hotel dan restoran di Kota Bandung yang bisa ikut serta dalam mendukung program Kang Emil #bandungjuara.
“Dengan satu jam mematikan lampu, bukan hanya dapat melaksanakan earth hour namun bisa membantu kampanye Stop Global Warming” lontarnya.

Acara SEMALAM digelar di restoran Nexa Hotel Bandung, Cyber Cafe di lobby level Hotel bintang 4 tersebut. Acara dimulai pada pukul 20.30 WIB dibuka Duta Kartini Muda Jawa Barat 2015, dilanjutkan sambutan Koordinator Harian Earth.

Koordinator EARTH HOUR Kota Bandung, Dwi Widya, mengatakan di tahun keenam Earth Hour Bandung berharap agar gerakan ini lebih dekat dengan masyarakat Kota Bandung. Hal tersebut dilakukan melalui aksi dan tindakan nyata serta menggunakan kekuatan massa dalam membuat perubahan serta menjadikan solusi bagi permasalahan lingkungan dalam mencapai tujuan serta konservasi yang berkelanjutan.

“Soal penghematan energi, kami ingin mengingatkan kembali bahwa hemat buka berarti pelit, melainkan bijak dalam menggunakan sumber daya alam yang ada saat ini. Kita pun bisa menabung pasokan energi untuk masa depan,” ujar Dwi.

Tahun 2015, Data dari PLN Distribusi Jawa Barat menyebutkan penghematan daya listrik di Jawa Barat terakumulasi sebanyak 19 MW, atau jika dikonversikan dalan jumlah lampu yang memiliki daya 5 watt atau lampu sama dengan 1,2 juta lampu yang padam, dan jika dikonversikan kedalam rumah dengan perhitungan satu rumah mematikan lima buah lampu sama dengan 250 ribu rumah ikut memadamkan lampu.

Tahun 2016, Kota Bandung terdata lebih dari 70 titik di tempat publik yang menyatakan siap ber-EARTH HOUR, yang terdiri kantor, gedung pemerintahan, kawasan komersil mal dan hotel, kampus, dan museum serta monumen secara sukarela. Kontribusi aktif tersebut diharapkan dapat menjadi aksi konsisten dan komitmen untuk bijak energi ke depannya.

“Diharapkan tahun 2017, jumlahnya bisa bertambah sehingga menunjukkan adanya kesadaran dalam menghemat atau bijak energi di Kota Bandung,” tambahnya.

Berdasarkan kondisi konsumsi listrik di Indonesia yang masih memperlihatkan pola penggunaan yang boros, maka WWF-Indonesia berkomitmen untuk tetap mengusung kampanye ini untuk membangun kesadartahuan sehingga publik Indonesia, terutama di kota-kota besar di Jawa – Bali, teredukasi dan terus diingatkan berpartisipasi lalu menindaklanjuti EARTH HOUR dengan perubahan gaya hidup lebih ramah lingkungan dalam jangka panjang.

Kampanye EARTH HOUR diharapkan tidak hanya berhenti pada momen satu jam namun dilanjutkan dengan aksi-aksi perubahan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Melalui kampanye ini diharapkan Indonesia dapat menjadi bagian dari masyarakat dunia yang menunjukkan kepedulian untuk mengurangi dampak lingkungan dari berbagai aktivitas sehari-hari. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.