Dua Bupati Buktikan Kinerjanya dalam Inspiring Leader

0
828

DEPOK, test.test.bisniswisata.co.id: Dua bupati yakni Bupati Bantaeng, Prof. Nurdin Abdullah dan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadimembuktikan kinerjanya dengan mengangkat derajat kabupaten yang dipimpinnya, sehingga dikenal oleh masyarakat luas bahkan di penjuru nusantara.

Dengan tangan dingin, penuh inspirasi, tidak mau korupsi, juga memiliki visi dan misi yang terarah guna membangun dan menata Indonesia ke arah lebih baik, serta mensejahterakan masyarakatnya. Semua itu disampaikan pada ajang talkshow inspiratif bertajuk ‘Inspiring Leader” Membangun Indonesia Melalui Kabupaten yang digelar Citra Activation di Auditorium Pusat Studi Jepang, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, Rabu (13/01/2016).

Dedi Mulyadi, yang dipercaya masyarakat kabupaten Purwakarta menjadi Bupati Purwakarta sejak periode 2008 – 2013 dan
periode tahun 2013 hingga 2018, menunjukkan komitmennya mengangkat kebudayaan Sunda menjadi jiwa dari kabupaten Purwakarta yang dipimpinnya, dengan menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung ke dalam kehidupan masyarakat Purwakarta.

Prestasi lain, yang tak kalah penting adalah semangatnya membangun kota Purwakarta agar menjadi salah satu destinasi
pariwisata untuk wilayah Jawa Barat baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, dengan mempersembahkan 3 ikon dan karakter kabupaten Purwakarta yaitu Museum Diorama, Bale Panyawangan, Monumen Citra Resmi dan Taman Air Mancur ‘Sri Baduga’ Situ Buleud.

Bahkan Taman Air Mancur ‘Sri Baduga’ dinyatakan sebagai Taman Air Mancur Terbesar di ASEAN. Selain itu Dedi juga kerap menggelar ajang seni budaya tingkat Internasional dimana kabupaten Purwakarta menjadi tuan rumah resmi, guna
memperkenalkan budaya kabupaten Purwakarta kepada negara-negara lain.

“Saya membangun Purwakarta hanya untuk mensejahterakan warga Purwakarta. Listrik, air bersih, jalan saya bangun dengan menekan anggaran daerah yang selama ini kurang produktif,” ungkapnya.

Targetnya, sambung Dedi, tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Purwakarta terus menggenjot kapasitas desa-desa di Purwakarta. Di antaranya dengan menyelesaikan pembangunan infrastruktur, meningkatkan produktifitas desa, hingga meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Purwakarta.

“Saat ini seluruh daerah Purwakarta 99 persen teraliri listrik. Targetnya tahun ini sudah semua. Kami juga sedang menyiapkan akses air bersih ke seluruh warga untuk tahun ini,” ujar Dedi.

Juga program pendidikan berkarakter mewajibkan anak-anak ikut bercocok tanam dan memiliki hewan ternak juga dilanjutkan. Program ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebagai mitra pemasaran hasil tani dan ternak nantinya, sambungnya.

Sementara Kabupaten Bantaeng Sulweasi Selatan pun tak bisa dipandang sebelah mata. Sejak dipimpin Prof Nurdin Abdullah yang memimpin selama dua periode tahun 2008 – 2013 dan 2013 -2018, engan berfokus meningkatkan sektor pertanian sebagai unggulan sehingga kabupaten Bantaeng pun aman dari kekeringan.

Bupati Nurdin juga mengusung Brigade Siaga Bencana lengkap dengan layanan call center yang menghadirkan pasukan
kesehatan yang menerapkan moto ‘Siap Melayani Anda di Rumah’, sehingga kabupaten Bantaeng menerapkan swadaya kesehatan bagi warganya dengan memiliki Rumah Sakit 8 Lantai sehingga warganya tidak perlu repot untuk pergi ke kota Makassar sebagai Ibukota Sulawesi Selatan.

Untuk sektor pariwisata, kabupaten Bantaeng pun tengah berbenah untuk mempercantik diri. Dengan memiliki beberapa pantai yang indah seperti Pantai Marina Korong Batu, Pantai Lamaaka, Pantai Seruni, ke depannya kabupaten Bantaeng akan bersaing di sektor pariwisata Tanah Air.

“Kami masuk tahun 2005 disambut banjir, bahkan 100 persen pelajar tak ada yang lulus. Saya turun ke desa, ternyata tak ada waduk, juga kurangnya sungai. Dalam waktu tiga tahun, banjir sudah teratasi. Pendidikan kami tingkatkan. Gerakan Jumat bersih Sabtu menanam kami galakkan. Kini Banteang paling asri, tak ada banjir dan green,” ungkapnya.

Dua sosok Bupati yang memimpin dengan hati dan semangat tinggi ini, diacungi jempol Sosiologi Politik Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Hamdi Muluk, M.Si. Ketua Program Doktor Fakultas Psikologi UI melihat kinerja Bupati Purwakarta dan Bupati Bantaeng dapat menjadi inspirator bagi pemimpin kabupaten lainnya agar terpacu meningkatkan derajat daerah yang dipimpinnya ke arah yang semakin baik.

“Sebagai bagian dari masyarakat, tentunya sangat mengapresiasi kerja keras, dedikasi, semangat dan ketulusan dari para tokoh pemimpin yang telah berhasil membuktikan prestasinya dalam mengangkat daerahnya, sehingga dikenal lebih luas,” lontarnya.

Juga berdampak dalam peningkatan taraf hidup masyarakat setempat. Konsistensi dan dedikasi murni yang dicurahkan untuk membangun dan menata daerahnya ini lah yang patut kita hargai, karena tidak semua pemimpin memiliki karakter tersebut, sambungnya.

Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Syamsudin Haris menjadi narasumber ‘Inspiring Leader’ menilai Indonesia itu sangat luas dan membutuhkan pemimpin-pemimpin daerah yang mumpuni sehingga harapannya antar tiap daerah dapat saling bersinergi untuk membangun negeri Indonesia tercinta ke arah yang lebih baik di segala bidang.

“Untuk itulah saya sangat gembira dapat berpartisipasi di acara ini, yang menjadi medium yang tepat untuk menyebarkan informasi tentang kinerja dan prestasi yang telah dibuktikan oleh para pemimpin daerah yang menjadi narasumbernya,” ucapnya.

Dari ajang diskusi ini, sambung dia, tentunya dapat diambil hikmah dari kepemimpinan yang telah dijalankan oleh Bupati Purwakarta dan Bupati Bantaeng untuk diadaptasikan dengan kebutuhan tiap daerah. Jika semua pemimpin menerapkan semangat dan komitmen yang sama, maka bukan tak mungkin untuk meraih negara Indonesia sebagai negara demokrasi yang mengusung nilai-nilai luhur bukan lah hal yang mustahil, katanya.

Pihak penyelenggara, Citra Activation pun berharap lewat kegiatan diskusi dapat menjadi wadah untuk bertukar berbagai hal dan melihat perspektif pembangunan dan solusi permasalahan daerah dari kacamata pemimpin sekaligus ajang berbagi informasi, motivasi dan cerita bagi para pemimpin daerah guna menunjukkan kualitas kepemimpinan di Indonesia untuk Indonesia ke depan yang lebih baik. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.