DPR Desak Kemenpar Turut Sokong Rio

0
629
Pembalap F1 Rio

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: KOMISI X Dewan Perwakilan Rakyat mendesak Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk segera berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata untuk memberikan dukungan pendana­an terhadap pembalap Rio.

Ketua Komisi X Teuku Riefky Harsya mengungkapkan Kemenpar memiliki peningkatan anggaran promosi yang signifikan pada tahun ini. “Dari yang sebelumnya Rp300 miliar, dana promosi untuk wisata kini meningkat menjadi Rp3 triliun lebih, yaitu untuk wonderfulindonesia.com,” ujar Teuku saat rapat kerja Komisi X DPR dengan Kemenpora, kemarin.

Dijelaskannya, promosi pariwisata indonesia tersebut juga bisa dilakukan melalui pemasangan logo di mobil Formula 1 Rio. Cukup beralasan, pasalnya dalam gelaran GP F1, akan tampil di 21 seri di negara berbeda. “Mereka promosi dari website, majalah internasional, billboard, lalu kenapa enggak disertakan di mobil Formula 1 yang digunakan Rio,” ujarnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap Komisi X dapat menghadirkan Kemenpar dan Kemenpora untuk duduk bersama dan membicarakan dukungan anggaran bagi Rio. “Saya hari ini terus terang merasa tersanjung di Komisi X karena memberikan dukungan yang luar biasa bagi masa depan Rio. Dan salah satu opsinya menggeser pembebanan tanggung jawab dari Kemenpora ke Kementerian Pariwisata,” ujar Imam.

Sejauh ini sudah melakukan komunikasi secara intensif dengan Menpar, Arief Yahya. “Saya akan koordinasi dengan Bu Indah (Ibu Rio) tentang keuntungan yang didapat pemerintah jika mendukung Rio. Karena dari tadi yang ditanyakan apa keuntungannya secara ekonomi, sosial, dan politik. Saya kira kalau dari Kemenpar nanti muncul anggaran, bisa menjadikannya prioritas untuk promosi,” lanjut Imam seperti dikutip laman MediaIndonesia.com, Kamis (03/03/2016).

Kemenpora juga membentuk tim relawan dengan menggandeng Ikatan Motor Indonesia untuk menggalang donasi bagi Rio dari masyarakat. Hal tersebut diharapkan dapat membayarkan sisa uang kontrak sebesar 10 juta euro yang harus dibayarkan sampai batas waktu Mei mendatang. Imam pun be­rencana mengajukan Rp50 miliar dana bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara perubahan 2016.

Sementara itu, dari hasil tes pramusim yang berlangsung Selasa (1/2) di Sirkuit Catalunya Spanyol, Rio berhasil memperbaiki catatan waktunya jadi 1 menit 27.625 detik, atau lebih baik daripada tes pertama minggu lalu dengan waktu 1 menit 28,266 detik di sirkuit yang sama, meski sempat mengalami kebocoran oli gearbox. (*/M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.