Gaet Turis, Jepara Wacanakan Semua Destinasi Wisata Gratis

0
443
Sunset di Karimunjawa (Foto: .initempatwisata.com)

JEPARA, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah mewacanakan menggratiskan semua destinasi wisata yang dikelola oleh Pemkab Jepara. Hal itu dilakukan guna mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jepara.

“Rencana itu tidak akan direalisasikan dalam waktu pendek. Karena ada beberapa tahapan untuk bisa merealisasikan wacana itu. Untuk merealisasikan wacana perlu ada payung hukum dalam bentuk perda,” papar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Deni Hendarko, seperti dilansir laman Otonomi.co.id, Rabu (12/07/2017).

Tahapan membuat perda, lanjut Deni, perlu adanya penyusunan naskah akademik. Juga harus membuat kajian mengenai dampak yang akan diberikan jika wacana tersebut berhasil direalisasikan.

Meski mengalami berbagai tahapan, dia optimistis bahwa wacana ini dapat segera direalisasikan. Menurut Deni, wacana itu merupakan salah satu program dari Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Kabid Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata Zamroni Lestiaza menilai adanya wacana menggratiskan tiket masuk bagi objek wisata akan berdampak pada pemasukan asli daerah Kabupaten Jepara. “Tahun ini saja, retribusi masuk objek wisata ditargetkan sebesar Rp3,6 miliar,” ujar Zamroni.

Target tersebut akan diberlakukan untuk beberapa objek wisata seperti Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Pantai Benteng Portugis dan Taman Laut Kura-kura.

Zamroni memperkirakan wacana tersebut bisa direalisasikan pada tahun 2018 atau 2019 mendatang. Hal itu dikarenakan harus membutuhkan persetujuan DPRD. Meski begitu, ia mengakui sejumlah daerah menggratiskan tiket masuk untuk mengundang wisatawan. “Harapannya, sektor jasa dan restoran yang berada di kawasan objek wisata akan semakin berkembang,” ujarnya.

Jika wacana tersebut direalisasikan, Zamroni menilai Pemkab masih bisa mendapatkan pemasukan. Salah satunya dari pajak yang dipungut dari penyedia jasa atau restoran yang berada di kawasan objek wisata.

Hingga kini tercatat ada 22 obyek wisata di Jepara, dari jumlah 10 destinasi wisata yang menjadi hit atau paling banyak dikunjungi wisatawan. Kesepuluh obyek wisata itu:

01. Karimun Jawa
Taman nasional ini memang sedang hits dan booming menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancangera. Bagaimana tidak, di sana terdapat wisata laut yang menakjubkan, mulai dari pantai yang super keren hingga cagar alam yang indah. Taman nasional yang dulunya disebut dengan kepulauan ini ada di 83 km dari barat laut kota Jepara. Ada berbagai alternatif cara untuk bisa sampai ke sana, mulai dari dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan memanfaatkan tur yang banyak tersedia di berbagai agen perjalanan.

02. Museum R.A Kartini
Kota Jepara identik dengan R.A. Kartini, sosok yang membuat wanita kini merasakan berbagai kemajuan. Nah, Anda bisa mengenang dan mengenal sosok Kartini dengan lebih dekat jika Anda berkunjung di museum ini. Letaknya ada di utara alun-alun kota, di dalam museum ini ada banyak sekali peninggalan mendiang Kartini. Mulai dari benda koleksi, foto-foto kakak kandung hingga benda purbakala di jaman Ratu Shima, ratu penguasa kerajaan Kalingga pada masa itu. Tidak lengkap jika Anda berkunjung ke kota R.A Kartini tanpa singgah di museum mendiang Kartini.

03. Pantai Kartini
Di arah barat pendopo Kantor Bupati Jepara, terletaklah Pantai Kartini. Luasnya 3.5 hektar dengan wahana yang siap memuaskan liburan. Pantai kartini ini adalah pantai ternama di Jepara kerana merupakan kawasan transportasi menuju Karimun Jawa dan juga Pulau Panjang. Pantai ini juga merupakan lokasi dilaksanakannya ritual “Lomban”, sebuah acara tradisional yang dilaksanakan tepat seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Awalnya, pantai ini digunakan sebagai pemandian, karena masyarakat percaya jika mandi di pantai ini penyakit rematik dan gatal-gatal bisa hilang. Jika Anda membawa anak, Anda bisa mengajak mereka ke Kura-kura Ocean Park, wahana permainan anak atau juga spoor mini.

04. Pulau Panjang

Nah, jika Anda mencari tempat wisata air maka pulau ini adalah tempat yang tepat. Dengan laut dangkal di sekelilingnya, dasar terumbu karang dan juga pasir yang putih, Pulau Panjang adalah tempat wisata air yang menarik. Apalagi airnya juga cukup jernih dan tidak berarus, pas untuk melakukan kegiatan seperti berenang, snorkeling dan kano. Jika ditempuh dari pantai Kartini, jaraknya sekitar 2,5 km, lho. Anda bisa menikmati indahnya pulau dengan berjalan menyusurinya. Tenang saja, pemandangan indah di sini tidak ada habisnya untuk dinikmati.

05. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan dikenal juga dengan Pantai Tirto Samudro ini merupakan tempat wisata di Jepara yang terkenal karena sering dipakai untuk festival layang-layang regional, nasional hingga internasional, lho. Bahkan juga sering digunakan untuk lokasi berlangsungnya adu balap motor cross. Anda bisa mencapai pantai yang terletak hanya 7 km dari kota Jepara ini dengan mudah. Sesampainya di pantai ini, Anda akan melihat pantai yang bersih dengan air yang jernih. Selain itu, Anda tidak boleh melewatkan sunset di pantai ini, tidak terlupakan! Sambil mengisi waktu Anda bisa melakukan aktivitas seperti bermain voli, berkemah atau sekedar bersepeda santai.

06. Air Terjun Songgolangit

Nama Songgolangit karena jika dilihat dari bawah, air terjun ini seolah sedang menyangga langit. Songgo artinya menyangga, dan langit untuk horizon langit. Berkunjung ke tempat wisata ini sungguhlah menarik. Selain pemandangan indah dan udara yang sejuk, ada juga hiburan lain dari alam yaitu kupu-kupu yang berwarna-warni. Ingin tahu letak air terjun ini di mana? Kunjungi saja Desa Bucu, Kecamatan Kembang atau kira-kira 30 km dari utara kota Jepara.

07. Benteng Portugis

Benteng ini adalah cagar budaya yang sampai sekarang dilindungi. Tidak hanya penuh dengan sejarah, tapi di sekitaran Benteng ini juga terbentang pemandangan alam yang begitu menarik. Apalagi Anda juga akan disuguhkan pemandangan bukit dan juga batu sedimen unik. Benteng ini dibangun di bukit batu dan lokasinya memang di pinggir laut. Jika Anda memandang ke arah utara, Anda akan melihat Pulau Mondoliko.

08. Pantai Teluk Awur

Tempat wisata berupa pantai adalah yang favorit di Jepara. Walau memang tidak terlalu terekspos seperti kota-kota lainnya di Jawa, namun jika Anda ada di Jepara, pantai ini adalah yang wajib Anda kunjungi. Untuk masuk, Anda tidak akan dikenai biaya alias gratis. Keunggulannya? Selain pas untuk berenang dan kegiatan permainan laut lainnya, Anda juga bisa menikmati pantai yang jaraknya hanya 5 km dari kota ini. Dengan air yang bersih dan juga jernih, rasanya weekend adalah waktu yang tepat untuk berkunjung. Ingin lebih privat? Datang saat weekdays saja!

09. Pulau Mandalika

Untuk bisa mendatangi pulau ini, Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit saja. Letaknya ada di utara Laut Utara Jawa Tengah, 2 km dari desa Ujung Watu. Pulau ini letaknya juga berdekatan dengan Benteng Portugis, lho. Bersiap untuk menikmati indahnya alam di pulau ini. Siap-siaplah untuk terkesima!

10. Pantai Ombak Mati

Juga disebut dengan pantai Bondo karena letaknya di desa Bondo, Bangsri, Jepara. Pantai ini dijuluki pantai ombak mati karena memang tidak ada ombak di sana. Jika ingin mendapatkan suasana tenang, pantai ini adalah tempat yang tepat. Suasana di pantai ini terbilang masih sepi dan cukup tenang dari wisatawan. Jadi Anda bisa merasa seperti memiliki pantai pribadi di sini. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here