Donggala Menuju Kota Wisata

0
899
Pantai Enu Donggala (foto: vinoimagination.blogspot.com)

DONGGALA. test.test.bisniswisata.co.id: KOTA Donggala, Sulawesi Tengah rencanamua dicanangkan menjadi Kota Wisata. Mengingat potensi yang dimiliki Donggala sebagai kota tua di Sulteng, namanya terkenal sejak dahulu kala sebagai kota perdagangan, pariwisatanya sangat besar dan beragam, baik wisata pantai dan keindahan alam bawah laut maupun panorama alam dan seni-budaya masyarakat.

“Insya Allah pencanangannya kita lakukan pada Oktober 2016. Memang, sudah terbukti kalau ada kegiatan-kegiatan bersar berskala provinsi maupun nasional dan internasional, para peserta selalu memilih Donggala dengan obyek wisata Tanjung Karang sebagai pilihan utama untuk berekreasi,” papar Bupati Donggala, Kasman Lassa, seperti diunduh laman Antara, Senin (14/03/2015).

Saat gerhana matahari total (GMT) 9 Maret 2016, sambung dia, dengan pusat pemantauan di Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Kota Donggala juga mendapat kunjungan wisatawan asing dan domestik yang cukup banyak untuk menikmati obyek wisata Tanjung Karang yang memiliki pantai pasir putih yang indah, taman laut yang bisa dinikmati dengan snorkeling dan diving (menyelam).

Karena itu, katanya, mulai awal 2016 Pemkab Donggala memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana wisata di kota itu untuk membenahi obyek-obyek wisata, kebersihan dan keindahan kota, sarana akomodasi, transportasi, restoran/warung makan, tempat hiburan, kelompok seni dan budaya, produk-produk ekonomi kreatif serta penyediaan tenaga-tenaga terampil di sektor kepariwisataan.

Dari aspek aksesibilitas, katanya, Kota Donggala sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak 30 kilometer dari Kota Palu dengan kondisi jalan yang mulus, terletak di jalur trans Sulawesi dan sarana angkutan yang lancar dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Menurut Kasman Lassa, tahun 2016 ini diharapkan kapal penumpang PT. Pelni juga sudah mulai menyinggahi pelabuhan Donggala yang telah lama ditinggalkan karena beralih ke Pelabuhan Pantoloan Palu. Dari aspek kuliner, katanya, Kota Donggala mempunyai mimpi menjadi kota tempat menikmati kuliner dari hasil-hasil perikanan dan kelautan, khususnya ikan bandeng dan udang.

Karena itu, kata Kasman, pihaknya sangat mendukung program Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menetapkan Kecamatan Banawa Selatan sebagai lokasi minapolitan yang akan menjadi kawasan penghasil ikan bandeng dan udang dalam beberapa bulan ke depan. “Mimpi kami adalah suatu saat nanti, kalau ada orang bertanya’ ‘dimana kita bisa makan ikan bandeng dan udang yang enak di Sulawesi Tengah?” maka jawabannya adalah Kota Donggala,” sambungnya. (*/a)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.