Djarum Foundation Tampilkan Busana Muslim Karya Siswa SMK NU Banat Kudus

0
1501

JAKARTA, Bisniswisata.o.id: Potensi industri busana muslim Indonesia sangat besar. Hal ini antara lain ditampilkannya malalui gaya busana yang sangat beragam.

Desainer busana muslim Irna Mutiara yang terkenal dengan garis rancang minimalis dan berpotongan longgar, kali ini memberikan ilmunya kepada para siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama Banat di Kudus, Jawa Tengah.

“Industri busana muslim di Indonesia sejak 5 tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat, terutama untuk kalangan muda. Saya melihat peluang Indonesia bisa menjadi acuan bagi negara lain dalam desain kreatif busana muslim,” ujar perancang busana muslim, Irna Mutiara saat jumpa pers di acara Indonesia Fashion Week (IFW) 2015, Jakarta, Jumat (27/2/15).

Menurutnya pengembangan busana muslim harus dimulai dari pendidikan, terutama di SMK Tata Busana

koleksi irna 2Ia mengatakan, “Industri ini diharapkan bisa menunjang industri kreatif yang padat karya dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat”.

Program yang diprakarsai oleh Djarum Foundation berkolaborasi dengan Bank Negara Indonesia pada ajang IFW 2015 ini menghadirkan sebuah pagelaran busana hasil karya para siswa SMK dengan bimbingan Irna Mutiara.

Melalui tajuk Miracle of The Sun, para murid menerjemahkan konsep itu dalam 45 koleksi busana muslim bergaya syar’i yang menutupi namun tetap wearable dan elegan.

Irna menjelaskan, “Busana muslim dari atas ke bawah itu banyak sekali yang bisa dikembangkan, mulai dari kerudung, busana dan aksesorisnya semua bisa berkembang jadi industri masyarakat”.

Oleh karena itu menurutnya program peningkatan mutu SMK jurusan Tata Busana diselaraskan dari awal hingga akhir proses produksi.

Konsep ini terinspirasi dari keindahan alam saat perjalanan menuju Kota Kudus yang dimulai pagi hingga petang. Tak heran warna yang ditampilkan pun netral seperti putih, beige, kuning pastel, abu-abu kemudian hitam yang menggambarkan malam.

Garis desain karya murid SMK ini tak jauh berbeda dengan koleksi Irna Mutiara, dalam siluet longgar, potongan A-line, dengan teknik layering dan juga detail apron yang dapat dimodifikasi.
Tak ada detail ornamen rumit di sana, terlihat sederhana namun tetap cantik.

Terdapat unsur bordir dan batik Kudus ditambahkan sebagai aksen pemanis yang bergaya Indonesia.

Koleksi Busana Irna Mutiara (Foto. Seno)
Koleksi Busana Irna Mutiara (Foto. Seno)

Para model juga tampil dengan kerudung panjang yang menutupi sampai bagian dada. Memberi arti sesungguhnya kepada konsep syar’i yang berdaya pakai tinggi bagi masyarakat urban.

“Melalui program ini, kami tidak hanya membekali kemampuan menjahit, melainkan lebih menitikberatkan pada keahlian para siswa dalam mendesain untuk menciptakan sebuah tren,” tambah Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad.

Menurutnya bukanlah hal yang mustahil bagi lulusan SMK untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat busana muslim dunia. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.