Kena Baling-baling Kapal Wisata, Turis Argentina Butuh Darah

0
696

BANDA ACEH, test.test.bisniswisata.co.id: Nasib malang menimpa wisatawan Argentina. Saat asyik diving di perairan Pulau Rubiah Sabang, kena baling-baling kapal wisata yang tengah melintas di atasnya. Akibatnya kepala Lusiana (31) terbentur badan kapal dan kaki kanan disambar baling-baling sehingga paha kanan robek beberapa centimeter.

Setelah kejadian, turis Argentina dievakuasi ke RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh, setelah kritis. Dan kini rumah sakit membutuhkan donasi darah karena rumah sakit kehabisan darah yang sesuai dengan darah korban.

“Pasien butuh darah karena banyak kehilangan darah akibat luka di paha kanan. Saat ini pasien butuh sekantong darah. Kondisi pasien sudah stabil dan dalam keadaan sadar,” kata Dokter Meliya Silvalilla, dokter instalasi gawat darurat RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, Sabtu (16/7).

Dokter Meliya menyebutkan, pasien masuk instalasi gawat darurat RSUD Zainoel Abidin dengan luka di paha kanan. Kondisinya pasien sempat parah, namun pasien dalam keadaan sadar.

Menurut Dokter Meliya, tim medis sudah menangani luka korban dan sudah menghentikan darah yang ke luar. Namun, Lusiana membutuhkan tindakan operasi menutup luka di pahanya.

“Pendarahan di luka pasien sudah berhenti. Namun pasien harus dioperasi. Untuk operasi, pasien juga membutuhkan donasi darah. Kami saat ini masih mencari pendonor,” ungkap Dokter Meliya seperti diunduh laman Antara.

Sebelum kejadian, korban Lusiana menyelam bersama teman laki-lakinya, Rafel Sabtu (16/7) sekitar pukul 12.00 WIB. Ketika korban hendak naik ke permukaan air, tiba-tiba ada kapal melintas di atasnya.

Seketika, kepala korban terbentur badan kapal dan kaki kanan korban disambar baling-baling. Akibatnya, paha kanan Lusiana mengalami luka beberapa centimeter.

Melihat korban Lusiana kritis, Rafael melambaikan tangan meminta tolong kepada wisatawan dan warga sekitar. Tidak lama berselang, korban diselamatkan dan langsung dievakuasi ke rumah sakit di Sabang.

Korban sempat ditangani tim medis di Sabang. Korban dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin, Banda Aceh menggunakan kapal SAR. Korban tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, sekitar pukul 16.30 WIB. Dari pelabuhan itu, korban dilarikan ke RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh, menggunakan mobil ambulans PMI. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.