Ditunda Penerbangan Kupang- Dili

0
596

KUPANG, BisnisWisata.co.id,- BELUM tuntasnya administrasi kerjasama hal penerbangan antar pemerintah Indonesia dan Timor Leste, mengharuskan pihak  PT Garuda Indonesia (Persero) menunda sementara layanan Charter flight rute Kupang – Dili (pp), demikian dijelaskan GM Garuda Indonesia Kupang, Kokoh Ritonga kepada pers.

Secara teknis, mamajemen Garuda telah mempersiapkan kebutuhan pelayanan penerbangan Kupang – Dili (pp). Sejumlah instruktur Garuda telah berada di Dili, Timor Leste untuk mengadakan training bagi tenaga kerja yang diperlukan, pengadaan dan penempatan peralatan bantu yang diperlukan.

“Rencana penerbangan perdana dilaksanakan 15 Nopember ditunda sampai awal Januari atau akhir Februari 2018 mendatang. Nampaknya pihak Timor Leste, meminta layanan penerbangan reguler, bukan charter ,’’ tegas Kokoh.

“Sebenarnya semuanya sudah siap kalau masalah teknik. Karena pagi tadi saya juga sudah koordinasi dengan pihak security bandara, kemudian pihak imigrasi soal penerbangan perdana yang direncanakan pada 15 November mendatang,” tuturnya.

Rencana pembukaan layanan penerbangan antara Indonesia- Timor Leste, disampaikan manajemen Garuda pada penyelenggaraan Komodo Travel Mart 2017, Oktober lalu di Kupang. Garuda menetapkan pihak Timor Airways selaku General Sales Agentnya di Timor Leste. Tahap awal, dilaksanakan penerbangan charter empat kali seminggu menggunakan pesawat ATR 72, berkapasitas 70 penumpang.

Kepala Dinas Pariwisata NTT Ardu Jelamu Marius mengapresiasi rencana layanan penerbangan langsung tersebut. Dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke provinsi selaksa nusa ini.

“ Tidak hanya Kupang- Dili, kami berharap rute Kupang- Darwin dibuka kembali. Selain bandara El- Tari, juga terbuka untuk bandara Komodo, Labuan Bajo dari negara- negara pemasok wisatawan seperti Malaysia, Singapura, Tiongkok, Jepang,” papar KadisParda NTT. *Dwi, bisniswisata.co@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.