Ditangguhkan, 19 Izin Bangun Hotel

0
822

YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Sedikitnya 19 permohonan izin pembangunan hotel baru di Yogyakarta ditangguhkan. Penangguhan diakibatkan dokumen yang tidak sesuai dan tidak lengkap. Juga ditemukan berbagai masalah dalam dokumen permohonan izin di antaranya ketidaksesuaian antara “masterplan” dengan kondisi di lapangan, warga sekitar lokasi pembangunan belum memberikan persetujuan dan belum lengkapnya dokumen kajian lingkungan

“Ada beberapa penyebab penangguhan proses permohonan izin pembangunan hotel. Kami tidak memberikan batas waktu sampai berapa lama penangguhan ini dilakukan,” kata Kepala Bidang Pelayanan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta Setiyono di Yogyakarta, seperti diunduh laman Antara, Sabtu (17/1/2015).

Setiyono mengatakan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta sudah melayangkan surat ke seluruh pemohon untuk segera memperbarui atau melengkapi dokumen sehingga proses permohonan izin pembangunan hotel bisa dilanjutkan.

Sejak ditetapkan moratorium pembangunan hotel oleh Pemerintah Kota Yogyakarta terhitung mulai 31 Desember 2013, Dinas Perizinan Kota Yogyakarta menerima 104 berkas permohonan izin pembangunan hotel baru.

Hingga saat ini, Dinas Perizinan sudah menerbitkan 77 izin mendirikan bangun bangunan (IMB) hotel. Sebanyak 44 hotel sedang melakukan pembangunan dan tujuh hotel sudah selesai dibangun.

Setiyono memastikan, seluruh IMB yang diterbitkan tersebut telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. “Hotel yang dibangun pun dipastikan sudah mengantongi IMB,” katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta, memberikan batasan mengenai lokasi pembangunan hotel di Kota Yogyakarta sesuai aturan tata ruang. Ada beberapa kecamatan yang tidak diperbolehkan dibangun hotel seperti Kecamatan Kraton.

Selain mengantongi IMB, setiap hotel harus melengkapi dokumen perizinan lainnya yaitu Izin Pemanfaatan Air Tanah yang dikeluarkan oleh Pemerintah DIY.

Perizinan pemanfaatan air tanah tersebut ditujukan untuk menjaga ketersediaan air bersih bagi warga di sekitar lokasi hotel. ****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.