Direstorasi, Pulau Onrust bakal Jadi Destinasi Wisata Eksklusif

0
2948

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu grafiknya terus menanjak. Grafik itu menjadi inspirasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk merestorasi Pulau Onrust di Kabupaten Kepulauan Seribu bakal menjadi destinasi wisata sejarah eksklusif, berkelas dunia.

Alasan Pemprov DKI menata Pulau Onrust lantaran menyimpan banyak cerita sejarah bangsa Indonesia. Di Pulau ini masih tersisa puing-puing bangunan yang menjadi saksi bisu sejarah Kepulauan Seribu. Bahkan, para wisatawan ke Pulau Onrust tidak pernah mendapatkan cerita lengkap mengenai sejarah dan potensi wisata didalamnya.

“Kami akan fokus menata Pulau Onrust untuk dijadikan sebagai kawasan wisata sejarah eksklusif di Jakarta. Wisatawan akan disuguhkan sejarah yang lengkap mengenai keberadaan bangunan di pulau ini,” papar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Pulau Onrust, sambung dia, merupakan pulau terdepan sebagai pertahanan bagi VOC. Banyak sejarah yang terjadi di pulau tersebut, namun Pulau Onrust belum menjadi suatu objek wisata budaya dan sejarah yang penting dan perlu dikunjungi anak-anak sekolah. “Kita perlu melakukan restorasi kawasan di Pulau Onrust. Sehingga dapat dijadikan kawasan wisata sejarah eksklusif di Jakarta. Rencana restorasi ini banyak yang mau bergabung,” lontarnya.

Dilanjutkan, untuk melakukan restorasi Pulau Onrust menjadi kawasan wisata sejarah eksklusif memerlukan perencanaan yang matang dan terpadu. Serta tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemprov DKI. Artinya harus melibatkan banyak pihak swasta untuk melakukan restorasi Pulau Onrust. Ia mengharapkan pada tahun 2017, restorasi Pulau Onrust sudah bisa dimulai.

“Ini masih belum masuk ke anggaran. Karena rencananya belum lengkap. Kita harapkan dengan melibatkan bermacan yayasan, kita bisa menemukan kajian untuk membuat satu perencanaan yang terpadu. Bukan hanya Pulau Onrust, tetapi pulau disekitarnya, seperti Pulau Ipir dan Bidadari. Termasuk juga penataan kawasan pasar ikan. Menjadi satu kesatuan khusus dikawasan Pulau Onrust,” jelasnya.

Nantinya, akan ada muatan edukasi di Pulau Onrust. Dilengkapi dengan penyewaan berbagai macam atribut. Salah satunya, pakaian zaman Belanda pada saat itu serta upacara yang dilakukan saat itu. “Potensinya sangat tinggi. Apalagi kalau dijadikan wisata eksklusif. Karena penuh muatan edukasi. Apalagi kalau disana dengan penyewaan berbagai macam atribut. Misalnya, pakaian zaman Belanda kayak apa dan upacaranya,” terangnya.

Lalu ada aturan khusus mengenai transportasi dan jam masuk ke Pulau Onrust. Sehingga para wisatawan tidak bisa sembarangan masuk tanpa memenuhi aturan tersebut. Kalau tidak ada aturan khusus, maka Pulau Onrust bisa menjadi rusak.

“Pulau Seribu kan sudah rusak, terumbu karangnya juga. Karena terlalu banyak orang yang kesana. Dan tidak tahu aturan main kunjungan wisata disana. Sampah juga banyak. Makanya perlu persiapan matang untuk penataan Pulau Seribu, termasuk Pulau Onrust,” paparnya.

Kepala Bidang‎ Pusat Konservasi Cagar Budaya Dinas Pariwisata Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Taufik menyambut positif rencana keterlibatan YCMSI mengkonsep bentuk wisata yang ditawarkan kemasyarakat dari Pulau Onrust. “Kita pernah melakukan penelitian di Pulau Onrust dari tahun 1979. Tapi cuma lima tahun ‎berjalan efektif. Kami senang YCMSI ikut terlibat mengkonsep Pulau Onrust seperti wisata apa kedepannya,” tandasnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.