Diobrak-abrik, Pemalak Wisatawan di Obyek Wisata Malin Kundang

0
589
Pemalak di tempat wisata malin kudang Padang diobrak-abrik (Foto: okezone.com)

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Wisatawan nusantara yang berwisata di Batu Malin Kundang Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, resah. Sumber keresahan karena setiap pelancong yang datang ke obyek wisata legenda itu dipalak para preman yang berdalih iuran Pemuda untuk Sumbangan masjid dan keamanan.

Pra wisatawan tak bisa berkutik dengan sikap pemalak yang berkelompok. Mereka hanya bisa menggerutu tanpa bisa berbuat sesuatu. Apalagi saat peak season, seperti Liburan Lebaran para pemalak malah menambah daerah kekuasaannya
seperti menuju Pantai Air Manis, pertama di depan pintu gerbang, di tanjakan, serta di lokasi longsor.

Karena dianggap merusak citra pariwisata daerah Padang, Tim Polresta Padang Sumatera Barat membubarkan para pemalak yang meminta uang kepada pengunjung wisata Batu Malin Kundang. Ada tiga titik yang diobrak-abrik polisi yakni depan pintu gerbang, di tanjakan, serta di lokasi longsor.

Polisi yang dilengkapi dengan senjata api laras panjang langsung menyita tempat penampung uang dan membubarkan para pemalak. “Kita mengerahkan 25 personel untuk membubarkan para pemalak yang berdalih iuran pemuda untuk sumbangan masjid dan keamanan. Kita juga dibantu Polsek Padang Selatan sebanyak 10 orang,” ujar Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Sumintak, Jumat (8/7/2016)

Operasi ini akan dilakukan di daerah yang rawan para pemalak di objek wisata. Itu karena saat libur Lebaran seperti ini banyak pengunjung yang mengeluhkan perihal ini. “Ini permintaan dari Dinas Pariwisata Kota Padang. Dari dinas tersebut banyak laporan soal pemalakan,” tutur Sumintak.

Operasi ini, lanjut dia, akan berlanjut sampai Minggu 10 Juli 2016 karena saat itu diprediksi merupakan puncak pengunjung. “Kita memang tidak menangkap mereka kita, hanya membubarkan. Namun, kalau mereka masih ada, nanti kita amankan,” ucapnya seperti dilansir laman Okezone.com.

Saat membubarkan para pemalak wisatawan, polisi yang membubarkan pemalak ini memakai kendaraan patroli roda dua dan roda empat. Selain itu mereka juga menyisir Pantai Air Manis untuk menjaga keamanan. (*/OKE)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.