Diizinkan Bangun Home Stay Dua Lantai di Pulau Tidung

0
769

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Mengantisipasi lonjakan wisatawan setiap akhir pekan dan musim liburan, Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu mengizinkan warga untuk membangun home stay atau penginapan rumah sebanyak dua lantai di Pulau Tidung, kawasan Kepulauan Seribu Jakarta

Setiap akhir pekan Pulau Tidung dikunjungi sekitar 5.000 wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Membeludaknya jumlah wisatawan ini, membuat sebagian dari mereka tidak memperoleh tempat penginapan yang layak karena minimnya home stay.

“Pada prinsipnya pembangunan apapun di pulau tidak boleh mengganggu lingkungan,” ujar Bandok Eko Priambodo, Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemkab Administrasi Kepulauan Seribu, Senin (10/8).

Menurut Eko, dengan penambahan penginapan secara otomatis akan menambah pemasukan kas daerah. Meski begitu, penambahan lantai home stay harus sesuai peraturan yang berlaku. “Bagi yang melanggar kami tegas dalam melakukan penindakan,” ujar Eko.

Selama ini, Pulau Tidung memiliki 350 penginapan atau homestay. Pulau Tidung memiliki daya tarik tersendiri juga eksostis bagi para wisatawan yang datang ke pulau yang memiliki terumbu karang. Selain terumbu karang, pantai dan murah meriahnya paket wisata. Pulau Tidung sendiri mempunyai daya tarik yakni jembatan cinta yang biasa dinikmati sama wisatawan.

Jembatan sepanjang 800 meter yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil tersebut penuh sesak pengunjung yang sebagian besar muda mudi yang sengaja datang karena penasaran dengan cerita mengenai Jembatan Cinta yang sudah menjadi salah satu ikon wisata itu.

Versi lain dari mitos Jembatan Cinta adalah, pasangan yang secara bersama berani melompat dari jembatan tersebut, maka hanya maut yang akan memisahkan mereka.

Di salah satu bagian tertinggi dari jembatan yang dibuat melengkung setinggi tujuh meter, puluhan anak-anak muda tampak mengantre untuk melompat. Tapi tidak sedikit yang tampak ragu-ragu dan tidak berani untuk melompat setelah berada di pinggir jembatan.

Pulau Tidung yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu setengah jam dari Pantai Marina Ancol, menjadi pilihan warga Jakarta yang ingin menghabiskan waktu liburan Lebaran. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.