Di Manado, Perayaan Cap Go Meh Dihadiri Turis Tiongkok

0
607
Suasana Imlek di Glodok Jakarta, (Foto: bombastis.com)

MANADO, bisniswisata.co.id: Perayaan Cap Go Meh di Kota Manado, pada Sabtu (11/02/2017) dipastikan dihadiri ratusan wisatawan Cina. Saat ini, Kota Manado memang menjadi destinasi wisata turis asal negeri tirai bambu itu.

“Sekarang Kota Manado merupakan destinasi warga Tiongkok yang berlibur. Setiap pekan ada ratusan wisatawan Tiongkok ada di Kota Manado berkat kerjasama yang digagas pak Gubernur Olly Dondokambey,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Hendrick Waroka.

Sementara, pihak Polresta Manado akan menerapkan pengamanan yang berbeda pada perayaan Cap Go Meh karena, akan banyak wisatawan asal Cina yang akan datang. Sebanyak 250 personil disiapkan untuk mengawal proses Cap Go Meh tersebut.

“Panitia telah berkoordinasi untuk rancangan pengamanan tersebut. Inti rancangan itu adalah memberikan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan yang akan menyaksikan perayaan Cap Go Meh,” kata Kapolresta Manado, Kombes Pol Hisar Siallagan.

Perayaan Cap Go Meh sendiri akan menampilkan parade para tangsin yang akan menampilkan gerakan ekstrim seperti menancapkan benda tajam ke badan tubuh mereka. Selain itu, parade kendaraan hias juga akan ditampilkan. Juga akan ada pertunjukan budaya asli lokal yang dipadukan dengan budaya Cina.

“Prosesi hari suci Goan Siau diikuti tiga Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) di Manado,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Manado, Sekretariat Daerah Kota Manado Joudy Senduk, di Manado.

Joudy mengatakan, tiga TITD adalah Kwan Kong di jalan DI Panjaitan, Hol Tek Cen Sing di Paal Empat dan Tiong Tan Lie Goan Soe yang berlokasi di Liwas. Dalam proses tersebut akan tampil lima Tang Sin, yang sudah menjalani ritual suci terlebih dahulu, sehingga saat tampil benar-benar prima.

Juga dalam prosesi, pemerintah kota ikut serta berpartisipasi dimana ada barisan dari pemerintah dalam prosesi tersebut. Pemerintah kota sangat mendukung prosesi suci Goan Siau nanti, karena itu juga sudah menjadi salah satu agenda wisata Kota Manado, sehingga juga membawa dampak positif bagi Manado.

“Prosesi suci Goan Siau, sudah menarik perhatian banyak orang, bukan hanya warga Manado tetapi yang dari luar juga, sehingga menjadi salah satu kebangaan warga Manado,” ucapnya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.