Di Bandara Bali, Grafik Penumpang Domestik Melonjak

0
1225
penumpang domestik di Bandara Internasional Ngurah Rai (Foto: Kompas.com)

KUTA, test.test.bisniswisata.co.id: KEDATANGAN penumpang domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, melonjak hingga empat persen pada hari pertama Idul Fitri 1436 Hijriah, dibandingkan periode sama tahun 2014.

Data dari posko monitoring angkutan udara Lebaran di Terminal Keberangkatan Domestik bandara setempat di Kuta, Kabupaten Badung, Sabtu, menunjukkan pada saat Idul Fitri, jumlah penumpang yang tiba di Bali melalui bandara itu mencapai 14.960 orang dari sejumlah kota di Tanah Air yang diangkut menggunakan 100 pesawat.

Jumlah itu tumbuh empat persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang mencapai 14.364 orang yang diangkut menggunakan 97 pesawat udara. Demikian dikutip laman Antara, Sabtu (18/07/2015).

Sebagian besar penumpang yang tiba tersebut merupakan wisatawan domestik dari sejumlah kota di Tanah Air seperti Jakara, Yogyakarta, Bandung dan beberapa kota lainnya yang ingin menghabiskan libur panjang serangkaian Lebaran hingga cuti bersama yang berakhir pada 21 Juli 2015.

Sedangkan pada keberangkatan penumpang domestik jumlahnya lebih sedikit yakni sebanyak 10.980 orang yang diangkut menggunakan 98 armada pesawat.

Meski jumlahnya lebih sedikit dibandingkan kedatangan, namun jumlah tersebut tumbuh sebesar 12 % jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 9.827 orang yang diangkut menggunakan 105 pesawat.

Hal serupa juga terjadi di terminal internasional yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah penumpang dari mancanegara yang tiba di Pulau Dewata mencapai 11.276 orang pada hari pertama Lebaran dengan menggunakan 63 pesawat.

Jumlah itu melonjak sekitar delapan persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 10.399 dengan menggunakan 60 armada pesawat.

Jumlah wisatawan khususnya wisatawan domestik diperkirakan semakin melonjak mengingat libur panjang serangkaian Idul Fitri masih berlanjut hingga Selasa (21/7) karena pemerintah memberikan cuti bersama. (*)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.