Dewi Nurani: Slogan Krui Hebat Dorong Daya Saing Pariwisata Surfing Krui

0
592

Dewi Nurani, gelorakan Krui Hebat di acara Halal Bihalal Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat Krui Lampung ( KMKPB-KL) di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII).

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat Krui Lampung ( KMKPB-KL) siap berkontribusi dan mewujudkan Krui Hebat untuk meningkatkan daya saing pariwisata sejajar dengan kabupaten lainnya yang sudah lama terbentuk.

“Kabupaten Pesisir Barat Lampung ini baru efektif dua tahun terakhir sebagai pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat yang beribukota di Krui, daerah yang sejak tahun 1960 an sudah dikunjungi wisatawan mancanegara untuk surfing,” ujar Dewi Nurani, Ketua Panitia Halal Bihalal ( HBH) Kerukunan Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat-Krui Lampung (KMKPB-KL) hari ini.

Menurut dia, slogan Krui Hebat bukan hanya harus diyakini masyarakat di kampung halaman tetapi juga di perantauan karena pariwisata diyakininya menjadi kegiatan yang akan mensejahterakan rakyat dan mengejar ketertinggalan dengan cepat.

“ Hampir disetiap kabupaten di Lampung maupun di provinsi lainnya telah mampu mengelola beragam obyek wisata di daerahnya. Oleh karena itu pada Bupati Kabupaten Pesisir Barat Lampung, Agus Istiqlal kami terus menggulirkan program-program agar Krui menjadi destinasi wisata surfing dunia,” kata Dewi Nurani yang juga ketua Srikandi Krui, komunitas pengusaha wanita Krui yang tinggal di Jakarta dan kota besar lainnya.

Bupati Agus Istiqlal ( ketiga dari kanan) saat memberikan sambutan di acara Halal Bihalal

Sejak Agus Istiqlal terpilih menjadi bupati Kabupaten Pesisir Barat Lampung, berbagai gebrakan telah dilakukan oleh Dewi dan komunitasnya yang pertama adalah Gerakan Cinta Alquran dengan donasi 13.000 Alquran ke semua penduduk.

Gerakan cinta Al-Quran menjadi dasar utama untuk menjadikan Krui sebagai destinasi surfing dunia karena mereka yang cinta membaca Al-quran diyakininya akan menjadi sumber daya manusia yang berakhlak dan beriman sehingga mampu menjadi ujung tombak melayani kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang ke Krui dengan baik.

“Untuk mencetak SDM pariwisata yang memahami hospitality sumbernya ada di Alquran oleh karena itu sambil mewujudkan program Krui Hebat seperti membuat buku Kemilau Krui Kota Wisata, bakti sosial, kami juga memberdayakan usaha kecil-menengah terutama produksi oleh-oleh, kami juga telah menjalankan program Krui Speak English,” kata Dewi Nurani.

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat mengajarkan bahasa Inggris secara intensif pada murid SMPN 1 dan SMPN 2 untuk mendapatkan tambahan belajar bahasa Inggris.

Pihaknya juga menggandeng Villa Desa, salah satu pengelola akomodasi tepi pantai yang menjadi tempat surfing wisman untuk mengajak tamu-tamunya sebagai guru tamu native speaker ke sekolah-sekolah tersebut sehingga murid bisa mempraktekkan pelajaran bahasa Inggrisnya.

Sebaliknya anak-anak juga boleh berkunjung secara berjadwal ke Villa Desa untuk berkomunikasi dengan wisman sehingga diharapkan sejak usia dini mereka sudah sadar wisata dan memahami manfaat dari pengembangan pariwisata disamping siap sebagai warga dunia dengan bahasa Inggris yang fasih.

Panitia bersemangat bangun kampung halaman.

Menyinggung kegiatan HBH dari Masyarakat Kabupaten Pesisir Barat-Krui Lampung (KMKPB-KL) di anjungan paviliun Lampung di Taman Mini Indonesia Indah ( TMII), Sabtu ( 22/7), Dewi mengatakan bukan sekedar ajang silaturahmi tapi lebih membangkitkan semangat berbagi untuk membangun kampung halaman.

Acara yang dihadiri Bupati Kabupaten Pesisir Barat Lampung Agus Istiqlal dan istri sebagai Ketua PKK, juga dihadiri tokoh Lampung seperti pengacara kondang Henry Yosodiningrat, Awan Nazarudin dan Irjen Pol Ike Edwin serta ratusan masyarakat Krui di Jakarta dan sekitarnya.

Rahman Khalid, S, Ketum KMKPB-KL mengatakan halal bihalal bukan hanya agenda tahunan tapi juga merupakan momentum dalam melatih ‘Team Building’ kepengurusan baru dalam mengemban amanat.

Dua bulan sebelumnya, tepatnya tanggal 21 Mei 2017 di Hotel Maharani Jakarta, diadakan Munas KMKPB-KL dan terpilihlah Rahman Khalid, SH, sebagai ketua formatur sekaligus ketua umum periode 2017-2020, menggantikan ketua umum sebelumnya, Drs.H. Bustanul Daham M,Si.

“Saya harap, acara Halal bi Halal ini, bukan hanya media silaturahim pasca Idul Fitri 1438 H saja, melainkan bisa sebagai sarana untuk membangun tim yang solid bagi kepengurusan baru khususnya, dan membangun kebersamaan bagi masyarakat Pesisir Barat umumnya,” ungkap pria asal Pekon Pahmungan.

Dewi Nurani sebagai ketua panitia HBH optimistis pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Lampung akan mencuat setelah ditetapkan sebagai salah satu spot surfing di Asian Games 2018 dan hasil kunjungan Menhub meresmikan bandara Taufik Kiemas beberapa waktu lalu yang akan menjadikan bandara Krui itu sebagai Flyng School ( sekolah penerbangan).

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.