Destinasi Wisata Pesisir Pantai Garut bakal Dilengkapi WiFi

0
1015

GARUT, test.test.bisniswisata.co.id: Destinasi wisata di pesisir Pantai Garut Selatan, memang luar biasa. Selain pantainya bersih, suasananya menyejukkan, pemandangannya menarik. Dan ada yang lebih menarik lagi, Pemerintah Kabupaten Garut berencana memasang jaringan WiFi gratis di wilayah pesisir. Sehingga warga sekitar maupun wisatawan dapat memanfaatkan teknologi informasi ini secara gratis.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Garut Dik Dik Hendrajaya mengatakan dalam waktu dekat akan memasang dua jaringan WiFi ini, dengan harapan masyarakat kawasan pesisir Garut selatan maupun wisatawan yang berwisata di pantai pesisir Garut Selatan merasakan manfaat dari jaringan internet.

“Yang akan dipasang itu ialah di kawasan Kecamatan Cikelet dan Kecamatan Pameungpeuk, karena internet pada saat ini sudah merupakan sebuah kebutuhan penting, bagi masyarakat pesisir maupun wisatawan yang datang ke kawasan ini,” kata Dik Dik.

Dik Dik juga mengharapkan setelah dipasangnya fasilitas WiFi ini dapat juga memudahkan komunikasi yang sangat penting di era globalisasi, sekaligus juga agar masyarakat di pesisir ini bisa ‘melek’ internet.

Selama ini, kata dia, jaringan internet di daerah selatan Garut masih belum optimal bahkan sama sekali tidak dapat terkoneksi dengan internet, atau dengan kata lain sinyal pun sulit didapat di kawasan ini. “Penyebabnya karena daerah pesisir ini yang jauh dari kawasan perkotaan, juga letak geografisnya adalah pegunungan sehingga menghambat masuknya jaringan internet,” ucapnya seperti dilansir laman okezone.com, Jumat (28/8/2015).

Di kawasan pesisir Garut Selatan ada 7 pantai yang kerap dikunjungi wisatawan. Ketujuh pantai itu:

1) Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah salah satu pantai di Garut yang sudah cukup terkenal. Pantai ini terletak di daerah Pameungpeuk, Garut. Ada juga yang menyebut pantai Cilauteureun.

2) Pantai Sayangheulang

Pantai Sayangheulang lokasinya tak jauh dari Pantai Santolo. Dari Pameungpeuk, kita akan menemukan pantai ini terlebih dahulu, baru Santolo. Di daerah sini sudah banyak penginapan-penginapan sederhana. Karakteristik pantai Sayangheulang mirip dengan pantai Santolo. Berpasir putih dengan batu-batu karang. Ombak besar pecah jauh di tengah dan terhalang karang-karang.

3) Pantai Anonim

Sepanjang perjalanan menyisir pantai antara Ranca Buaya dengan Santolo, kita akan menemukan pantai-pantai yang indah. Salah satunya pantai anonim ini. Pantai ini berpasir putih dan letaknya tidak jauh dari jalan serta di tempat terbuka, sehingga terlihat jelas saat dilewati. Sebenarnya pantai ini tidak ada namanya. Pantai ini belum dikelola, tidak ada penjaga loket / tiket masuk, tidak ada tempat parkir, tidak ada warung-warung. Hanya ada pohon, pasir, dan laut. Mungkin hal itulah yang membuat pantai ini tidak ada pengunjungnya.

4) Pantai Cicalobak

Pantai ini berada diantara pantai Anonim dan Puncak Guha. Layout pantainya mirip dengan Karang Hawu (Pelabuhan Ratu), tetapi tidak seluas Karang Hawu.
Ada batu-batu besar menjorok ke tengah laut. Apa lagi saat ombak pecah menghantam karang, salah satu moment seru yang ditunggu-tunggu untuk kegiatan photography. Tempat ini juga belum terurus dengan baik, tetapi sudah ada pelang nama (yang membuat dia tidak anonim), sedikit tempat parkir, dan warung-warung makan kecil. Di pantai ini pun terdapat bagian yang menjorok ke daratan, semacam tanjung miniā€¦ Tempat ini digunakan oleh anak-anak kecil untuk bermain air.

5) Pantai Puncak Guha

Tempat wisata yang satu ini tidak kalah indahnya dengan Batu Hiu di Pangandaran. Di tempat ini kita dapat menikmati keindahan pantai selatan dari puncak tebing. Di lokasi ini pun terdapat gua (kalo gak salah namanya gua lawar). Karena dua hal itulah tempat ini dinamakan Puncak Guha. Pantai ini hanya berjarak kurang lebih 8 km dari Pantai Ranca Buaya ke arah timur (ke arah Santolo). Belum ada pelang penunjuk arah telah membuat pengunjung sering melewati tempat ini begitu saja. Penanda tempat wisata hanya gapura kecil.

6) Pantai Ranca Buaya

Pantai Ranca Buaya adalah salah satu pantai di daerah Garut yang sudah mulai dikenal orang, sama seperti Pantai Santolo. Untuk mencapai pantai ini dari Bandung, jalan terdekat adalah melalui Pangalengan. Dengan menyusuri situ Cileunca, kebon teh, daerah Cisewu, dan akhirnya kendaraan kita akan dibawa melewati jalanan menanjak. Sampai di puncak tanjakan, laut pantai selatan langsung terlihat terhampar di depan kita. Kita hanya perlu menyusuri jalanan turun saja untuk sampai ke pantai ini. Jalanannya sudah bagus, tetapi sempit. Pantai ini berpasir putih, dengan bebatuan karang memanjang hingga ke tengah laut. Terdapat jurang-jurang kecil di tengah bebatuan ini, sehingga kita harus berhati-hati saat berjalan-jalan. Rumput laut yang hijau menutupi sebagian karang-karang di sini. Ombaknya besar dan pecah di tengah, dan tertahan oleh bebatuan karang.

7) Pantai Sancang

Pantai Sancang terletak di kabupaten Garut, tepatnya di wilayah hutan Sancang. Jalur terdekat dari arah Bandung adalah melalui Garut ke arah Pameungpeuk. Dari situ berbelok ke arah Timur menyusur pantai. Ada beberapa pantai Sancang, semuanya terletak di kawasan Hutan Sancang. Hutan Sancang ini cukup dikenal karena dipercaya merupakan tempat menghilangnya Prabu Siliwangi saat dikejar-kejar oleh anaknya Prabu Kiansantang. Hal ini menjadikan hutan ini dianggap cukup angker, dan tidak (belum) dieksploitasi. Konon binatang-binatang liar masih banyak di hutan ini. Layout pantainya mirip dengan pantai-pantai karang di Garut, ombaknya besar pecah di tengah. Tetapi selain batu karang, pantai ini berbatu-batu hitam besar seperti batu kali. Di beberapa sisi juga terdapat pohon-pohon bakau. Jika berkunjung ke sini sebaiknya dilakukan pagi hari, karena siang hari pantainya mulai pasang, dan pasangnya termasuk cepat.
(redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.