Destinasi Wisata Malang bisa Jadi Obat Stres bagi Wisatawan

0
973
Coban atau air terjun Tundo di Malanga (Foto: http://gldelapan.com)

MALANG, test.test.bisniswisata.co.id: “Suatu saat nanti Kabupaten Malang menjadi tujuan utama banyak wisatawan yang ingin menyegarkan diri menjauhi kepadatan aktivitas dan kesibukan di kota besar. Istilahnya, Malang menjadi obat stres bagi wisatawan Indonesia dan mancanegara,” lontar Bupati Malang Rendra Kresna di Malang, Jawa Timur, Sabtu (25/6/2016).

Menurut Rendra, pariwisata tidak akan pernah mati. Semakin maju suatu wilayah, semakin banyak butuh area wisata, sebab wisata itu dibutuhkan orang yang stres dan orang stres bukan butuh obat, tapi butuh tempat pariwisata yang indah dan menyegarkan pikiran.

Apalagi, lanjut Rendra, pemerintah pusat juga menunjuk Kabupaten Malang sebagai salah satu destinasi khusus untuk tempat wisata andalan di Tanah Air untuk Pulau Jawa, yakni area wisata Bromo Tengger Semeru (BTS).

“Kami harus menangkap maksud baik pemerintah pusat, menyiapkan sarana dan prasarana serta infrastruktur pariwisata yang bisa mendukung promosi Kabupaten Malang,” kata Rendra seperti diunduh laman Antara.

Bahkan, sambung Rendra, Kabupaten Malang juga memiliki daya dukung sebagai penopang pariwisata yang cukup lengkap, mulai dari alam pantai, gunung, wisata sejarah hingga desa adat dan agrowisata. Karena itu, Pemkab Malang akan mengintegrasikan tempat-tempat wisata di wilayah itu agar wisatawan yang berkunjung tidak hanya mengunjungi satu lokasi.

“Kami ingin orang tidak hanya datang saja ke Bromo Tengger Semeru, tapi harus menikmati berbagai macam wisata lain yang ada di Kabupaten Malang. Masyarakat sekitar bisa memanfaatkan ekonomi kreatif, pemerintah memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata tersebut,” ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan untuk menunjang arus kunjungan wisatawan sekaligus pengembangan BTS, pihaknya juga akan mengembangkan 23 pantai potensial yang ada di sepanjang pesisir selatan Kabupaten Malang.

Menurut Made, puluhan pantai itu nanti akan dipetakan sesuai potensinya, mulai dari pantai konservasi, pengembangan mangrove dan produksi ikan. “Kami juga menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) untuk pengembangan kawasan sentra ikan,” urainya.

Grand designnya, sambung Made, wisata laut akan dilengkapi restoran yang memanfaatkan perahu layak pakai, dilengkapi dermaga di pantai yang memiliki kedalaman cukup untuk bersandarnya perahu besar.

“Pak bupati (Rendra Kresna) inginnya kita punya wisata laut yang lengkap, namun kendalanya laut itu kan ada di wilayah Perhutani, jadi untuk pengembangan harus berkoordinasi dengan mereka. Kami sudah konsultasi dan Perhutani Jatim sangat mendukung,” paparnya.

Di sepanjang garis pantai Malang selatan mulai dari Kecamatan Donomulyo yang berbatasan dengan Kabupaten Blitar hingga Kecamatan Ampelgading yang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang banyak menyimpan pantai eksotik. Di antaranya adalah Pantai Lenggoksono, Sipelot, Pantai Tiga Warna, Pantai Batu Bengkung dan masih banyak pantai-pantai eksotik lainnya.

Ada tujuh tempat wisata di Malang yang kerap dikunjunjgi wisatawan domestik. Antara lain:

01. Coban Tundo
Tempat wisata ini terbilang baru di Malang. Itulah mengapa jarang sekali ada wisatawan yang datang ke tempat ini. Selain itu, juga belum diresmikan sebagai tempat wisata oleh pihak setempat dan Pemkab Malang. Letaknya di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Kamu tidak akan dikenakan tiket masuk di Coban Tundo. Karena lokasinya yang terbilang mblusuk, tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai destinasi wisata ekstrim. Airnya berwaran biru muda dan memiliki kedalaman 2 meter. Untuk mencapainya, akan dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Malang.

02. Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng berada di Desa Banjarejo, Kec. Donomulyo, Malang. Tempat wisata yang satu ini memang lagi hits dikalangan anak muda Malang. Letaknya yang tersembunyi membuat Pantai Kedung Celeng jadi alternative liburan di kala weekend. Nah, di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang jarang kamu lihat di Kota Malang. Suasana alamnya, biru lautnya, sampai nyanyian angin yang diam-diam membisikkan mantra ke telingamu, jangan pulang!

03. Pantai Licin

Terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Untuk rutenya terbilang sulit karena kamu akan melewati hutan yang hanya sepeda motor saja yang bisa melewati, bahkan disarankan jangan pakai sepeda motor matic. Selama perjalanan menuju pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas Kota Malang. Kamu juga akan menemui jalan naik turun bukit yang berliku-liku dan tentu saja sungguh menawan.

04. Coban Pelangi

Nama lain dari tempat ini adalah Air Terjun Pelangi. Berada dalam wilayah konservasi alam di perum perhutani Jawa Timur. Jaraknya 32 Km dari kota Malang. Untuk sampai ke tempat ini, kamu akan melewati medan berbukit yang memiliki kemiringan mencapai 45°. Saran kami, sebelum mengunjunginya, fisik harus dalam keadaan yang prima. Yang istimewa adalah kamu akan melihat pemandangan alam yang masih sangat asri dan hijau. Selain itu, kamu juga bisa ngadem sambil foto-foto. Dan bila beruntung, kamu akan melihat pelangi yang melingkar di bawah air terjun.

05. Pantai Ungapan

Pantai Ungapan berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Bajulmati membuat pantai ini sering dikunjungi wisatawan. Jaraknya 64 km dari Kota Malang dan kamu akan butuh waktu 3 jam perjalanan untuk mencapainya. Sebenarnya, pemandangan di pantai ini hampir sama dengan Pantai Bajulmati.

06. Coban Rondo

Di Malang, selain Coban Pelangi, ada juga Coban Rondo. Letaknya 12 Km dari Kota Batu, tepatnya di desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Air terjun yang sungguh eksotis ini memiliki ketinggian 60 M dan menjadi wahana air terjun yang tak terlalu sulit untuk di tempuh. Nama Rondo sendiri, dalam bahasa Jawa bermakna Janda. Di sini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam khas Malang yang sungguh menghipnotis.

07. Pantai Batu Bengkung

Pantai ini terletak di pesisir selatan Kabupaten Malang dan memiliki ombak yang cukup besar. Di bagian pantai ada rambu dilarang berenang yang terlihat dengan jelas. Meski tak bisa berenang, ada beberapa titik di pinggir pantai yang bisa kamu jadikan lagunamu sendiri. Selain itu, di sini kamu juga bisa melihat sunset atau berkemah. Memang, beberapa waktu belakangan Pantai Batu Bengkung jadi tempat hits arek Malang untuk mencari suasana baru. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.