Destinasi Wisata Bahari Biak Butuh Dukungan Anggaran

0
689
Desa Wisata Biak Numfor (Foto: beritasatu.com)

BIAK, Bisniswisata.co.id: Pengembangan beragam destinasi wisata bahari di wilayah kepulauan distrik Aimando, Kabupaten Biak Numfor, Papua perlu dukungan anggaran memadai melalui dinas terkait.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata juga diminta membantu pendanaan untuk mengembangkan potensi objek wisata bahari di wilayah kepulauan, ucap Kepala Distrik Aimando Robert Rumaropen di Biak, Sabtu (01/07/2017).

Menurutnya, wilayah kepulauan Aimando menyimpan berbagai potensi pariwisata bahari yang alami seperti di pulau Kuri dan Kampung Samberpasi. Untuk menunjang pengelolaan pariwisata yang potensial dimiliki wilayah kepulauan Aimando tidak ditunjang dengan ketersediaan anggaran yang maskimal.

Diharapkan, pemerintah pusat dapat mengalokasikan dana pengembangan objek wisata khusus wilayah kepulauan sehingga mempercepat peningkatan akses untuk menarik wisatawan berkunjung ke pulau Biak.

Sementara itu, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Wisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengakui, pemerintah sudah menyediakan dana alokasi khusus untuk menunjang fasilitas sarana prasarana pariwisata di kabupaten/kota.

Setiap tahun, dana alokasi khusus sektor pariwisata sudah dikucurkan pemerintah, ya bagaimana pemanfaatannya sudah ada peraturan menteri untuk pelaksanaan di lapangan, ujar Dadang Ratman, Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Wisata Kementrian Pariwisata.

Dirinya juga berharap, setiap kabupaten/kota diimbau membentuk tim percepatan pengembangan pariwisata dengan meibatkan Sekretaris Daerah sebagai ketua dan kepala Bappeda sebagai wakil ketua serta Kepala Dinas Pariwisata sebagai sekretaris dan dibantu dinas terkait lainnya.

Tim percepatan pengembangan pariwisata, lanjutnya, akan menjadi informasi bagi Bupai atau kepala daerah untuk mengetahui apa saja yang sudah dan belum dilaksanakan dalam upaya mendukung program pariwisata daerah setempat.

Berdasarkan data di Kabupaten Biak Numfor, salah satu wilayah kepulauan di Provinsi Papua mempunyai program unggulan daerah, yakni sektor perikanan dan pariwisata. (*/ANT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.