Desain Batik Khas Purbalingga Dilombakan

0
909

PURBALINGGA, test.test.bisniswisata.co.id: Berbagai cara untuk melestarikan dan mencintai batik. Pemkab Purbalingga menggelar lomba desain batik untuk mendapatkan motif batik khas Purbalingga.

Lomba dibagi dua kategori: Kalangan pelajar setingkat SMP ke atas, juga masyarakat umum. “Persyaratannya, peserta lomba harus warga dan berdomisili di Purbalingga,” papar Kepala Bagian Perekonomian, Budi Susetyono di Purbalingga, Rabu (24/08/2016).

Lomba mulai digelar 1 September hingga 25 September 2016, dan pemenang lomba diumumkan dalam upacara memperingati Hari Batik 2 Oktober 2016. Peserta bisa mengirimkan lebih dari satu desainnya dan untuk mengikuti lomba, peserta tidak dipungut beaya apapun.

“Untuk tema desain lomba, mengambil tema mengenai pesona obyek wisata Goa Lawa. Ini dimaksudkan agar lomba batik tidak hanya untuk mendapatkan batik khas Purbalingga saja. Tapi sekaligus untuk mengangkay obyek wisata yang ada di Purbalingga,” ucap Budi juga sekretaris Dekranasda Purbalingga.

Untuk ketentuan lomba, kata Budi, desain harus merupakan karya sendiri, bukan menjiplak karya orang lain. Desain dilukis di kertas gambar dengan ukuran A3, dan setiap peserta hanya diisinkan mengirimkan desain gambar batik maksimal 2 desain.

Desain pemenang menjadi hak milik panitia. Untuk itu, setiap peserta akan mendapat bingkisan serta uang pembinaan dengan rincian juara 1 mendapatkan Rp 3 juta, juara 2 mendapatkan Rp 2 juta, juara 3 mendapat Rp 1,5 juta. Untuk Juara Harapan 1 mendapatkan 1 juta, harapan 2 mendapatkan Rp 750 ribu dan juara harapan 3 mendapatkan Rp 500 ribu.

Juara desain batik, sambung Budi, diusulkan sebagai motif batik seragam batik yang dikenakan PNS di Pemkab Purbalingga pada hari-hari tertentu, seragam sekolah, dan bagi karyawan BUMD i Purbalingga.

“Motif batik pemenang juga direncananya akan diperagakan pada saat peringatan Hari Jadi Purbalingga yang ke-186 pada bulan Desember 2016 mendatang,” katanya seperti dikutip laman Republika.co.id (*/REP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.