Desa Wisata di Yogyakarta Jadi Titik Perhatian Wisman

0
1028
Turis berwisata di Desa Wisata Yogyakarta

YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Keberadaan desa wisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta semakin diminati wisatawan mancanegara (wisman). Malah menjadi titik perhatian turis internasional. Terbukti makin banyak turis asing yang menginap di desa wisata yang ada di pelosok desa.

“Perlu perhatian serius dari para pengelola untuk memajukan desa wisata, dengan menggarap potensi yang ada,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Tazbir Abdullah, di Yogyakarta, Selasa (10/9/2013).

Menurut Tazbir, tren kunjungan wisman datang ke desa wisata terus meningkat. Hal ini juga tidak lepas dari keseriusan pengelola desa wisata yang selalu menjaga dan mengelolanya dengan baik dan harmonis.

“Untuk itu, perlu kreativitas dalam mengelola desa wisata agar banyak dikunjungi wisman. Tanpa kreativitas para pengelolanya, jangan berharap ada kunjungan wisatawan ke desa wisata,” katanya.

Tazbir mengatakan prospek desa wisata di DIY sangat besar. Apalagi DIY memiliki beraneka ragam budaya yang bisa menjadi tontonan wisatawan di desa wisata. “Banyak ragam budaya yang sampai sekarang masih hidup dan dilestarikan oleh masyarakat di desa wisata,” paparnya seperti dilansir Antara.

Menurut Tazbir dengan pengelolaan yang kreatif dan konsep pemasaran modern, tentu menjadi strategi untuk mendatangkan banyak wisman ke desa wisata. Beberapa desa wisata di DIY yang cukup terkenal, yang selama ini banyak dikunjungi wisman antara lain Kebonagung, Desa Wisata Imogiri, Kembangarum, Pentingsari, Sambi, dan yang lainnya.

Di desa wisata tersebut wisatawan banyak disuguhi aktivitas masyarakat seperti menanam padi, membajak sawah, menikmati sajian makanan khas, serta atraksi seni budaya setempat. (endy@bisniswisata.co)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.