Desa Wisata di Tabanan Belum Beroperasi Optimal

0
1269
Desa wisata di Tabanan

TABANAN, bisniswisata.co.id: Tabanan Bali tercatat memiliki 41 desa wisata, namun sayangnya belum seluruhnya beroperasi secara optimal. Pemerintah Kabupaten Tabanan terus mendorong seluruh desa menjadi desa wisata untuk mengantisipasi alih fungsi lahan pertanian sehingga dapat mempertahankan status lumbung pangan Bali.

Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti menyakini status desa wisata lebih ampuh menahan laju alih fungsi lahan menjadi sarana akomodasi wisata. Jatiluwih, Tabanan – Istimewa “Kalau semua jadi desa wisata, otomatis tanahnya tidak dijual dan‎ meningkatkan pendapatan masyarakat karena mereka tidak hanya menjadi penonton,” tutur Bupati Tabanan saat penandatanganan kerjasama BUMN Indonesia Tourism Development Corporation ( ITDC ) dengan Desa Pinge di Tabanan, Jumat (11/11/2016).

Setelah Desa Pinge, sambung Bupati, akan mendorong Desa Belimbing di Kecamatan Pupuan untuk menjadi desa wisata. ‎Mengingat keberadaan desa wisata sangat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Juga mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung. “Kami harapkan ke depannya pemerintah pusat melalui BUMN ikut membantu mengangkat status desa menjadi desa wisata, seperti yang dilakukan terhadap Desa Pinge,” tambahnya.

Dilanjutkan, Tabanan memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang sangat luar biasa. Jika kedua potensi disinergikan akan mampu menambah income bagi penduduk lokal. Karena itu kami berkomitmen untuk mengembangkan desa wisata yang ada di Tabanan, selain mampu mendongkrak perekonomian hal ini juga akan membangkitkan semangat masyarakat untuk senantiasa menjaga alam dan lingkungannya dengan baik,” ucapnya.

Direktur Keuangan ITDC Jatmiko K. Santosa mengatakan saat ini ITDC tengah mengembangkan sayapnya ke seluruh Indonesia. Perusahaan BUMN di sektor pengembangan destinasi wisata ini diberikan tugas oleh pemerintah untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia bahkan sampai di kawasan Asia Tenggara.

“Kami mengemban misi untuk mengembangkan destinasi wisata di seluruh Indonesia. Dan khusus untuk di Kabupaten Tabanan, kami akan mengembangkan desa wisata Pinge. Terima kasih kepada Pemkab Tabanan karena telah member kami kesempatan dan menerima antusias misi kami ini. Mudah-mudahan perjuangan kita bersama akan berbuah manis,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan pengelolaan yang maksimal, pihaknya yakin potensi desa wisata yang dimiliki Kabupaten Tabanan akan berkembang dengan pesat. Karena itu pihaknya berharap kerjasama ini akan bisa terjalin dengan baik untuk turut serta mensukseskan program pemerintah pusat yakni meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia sebanyak 20 juta orang di tahun-tahun mendatang. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here