Denpasar Festival Semarakkan Liburan Penghujung 2016

0
451
Denpasar Festival (foto: okezone.com)

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Denpasar Festival kembali digelar. Festival yang kesembilan kalinya ini, menjadi agenda rutin di penutup tahun yang diselenggarakan di jantung kota Denpasar, Bali, 28-31 Desember 2016. Festival yang menyajikan festival kuliner, entertaiment, fashion, dan seni budaya bisa dipastikan akan menyedot perhatian ribuan turis yang sedang liburan ke Bali.

Selasa (22/11/2016) malam, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dadang Rizki Ratman mewakili Menteri Pariwisata bersama Walikota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya Mantra meluncurkan Denpasar Festival 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata.

“Denpasar Festival berawal dari keinginan mengingat kembali masa lalu suasana Jalan Gajahmada sebagai pusat kreativitas warga Denpasar. Semangat dan gairah kreativitas warga Denpasar menginspirasi Pemerintah Kota membuat dan mengagendakan Gajah Mada Town Festival menjadi even kalender tahunan. Sebagai aktualisasi terhadap dinamisasi peran serta masyarakat, pada pelaksanaan tahun kedua Gajah Mada Town Festival berubah menjadi Denpasar Festival,” papar Walikota Denpasar, Bali I.B. Dharmawijaya Mantra.

Dijelaskan, mengapa festival ini diselenggarakan tepat di peak season, alias saat Bali sedang ramai-ramainya diserbu wisatawan. Momen akhir tahun sangat pas untuk digelarnya Denpasar Festival karena pasti akan sangat ramai didatangi turis. “Kami mengambil momen puncaknya. Kalau lagi high season, semua tujuan diadakannya festival ini bisa terfokus dan terakomodir dengan baik,” ujar

Sejak pertama kali digelar pada 2008, Denpasar Festival mengangkat seni budaya Bali sebagai tradisi dipertahankan di tengah gerusan zaman. Dalam perkembangannya, seni budaya tradisi ini terus dikembangkan lagi juga dipadukan dengan modernisasi agar makin punya daya tarik bagi wisatawan.

“Kami mencoba merawat budaya tradisi dengan inovasi sehingga ada kreativitas kota yang bisa dinikmati. Kami menghimpun kekuatan para kreator muda mengolah kemampuan, meramu modernisasi dengan seni sehingga kreasi-kreasi ini bisa menarik wisatawan,” ujar Ida Bagus Mantra.

Denpasar Festival 2016 yang bertema “Padmaksara” bakal diisi dengan beragam pementasan dan art installation “Ebullience” sebagai bentuk suka cita dalam melepas akhir tahun dan menyambut tahun berikutnya di Alun–alun / lapangan Puputan Badung sebagai pusat seluruh kegiatan Festival.

Untuk rangkaian acaranya, selama 4 hari pelaksanaan Denpasar Festival akan digelar Pentas Seni Musik dan Pertunjukan di panggung utama Lapangan Puputan. Untuk acara pembukaannya ada Parade Topeng di Area Catur Muka, hingga acara penutupan berupa Pawai Melepas Matahari untuk menyambut tahun 2017 tepat di hari Sabtu (31/12/2016).

Pastinya aneka acara itu akan sangat seru untuk disimak. Jangan sampai terlewat ya traveler, catat tanggalnya baik-baik, Denpasar Festival 2016 akan digelar mulai Rabu 28 Desember hingga Sabtu 31 Desember 2016.

Even ini diharapkan mampu mempromosikan pariwisata Denpasar serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali. Selain agenda tersebut, Bali gencar menggelar even menarik lainnya saat menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru seperti Festival Panglipuran dan Festival Pandawa.

Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi sebesar 40% dari total kunjungan wisman. Dari 10,4 juta wisman ke Indonesia pada 2015, ada 4 juta yang masuk lewat Bali. Pada tahun ini, targetnya ditingkatkan menjadi 4,4 juta – 4,8 juta kunjungan dari total target pariwisata nasional sebesar 12 juta kunjungan wisman.

Berdasarkan data Kemenpar, secara kumulatif total kunjungan wisman Januari – September 2016 mencapai 8,36 juta, meningkat 8,51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 7,7 juta. “Pertumbuhan wisman yang tinggi ini, harus ditingkatkan dengan menggelar even-even menarik yang bersumber dari daya tarik seni budaya (culture), alam (nature) maupun manmade,” kata Dadang. (endy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.