Delay, Penumpang Lion Air Enggan Turun dari Pesawat

0
572
Lion kembali Tergelincir (ilustrasi)

YOGYAKARTA, bisniswisata.co.id: Puluhan penumpang Lion Air enggan turun dari pesawat, setelah Pesawat Lion Air JT 520 JOG-BDJ mengalami delay berkepanjangan. Penumpang protes lantaran pesawat yang mereka tumpangi menuju Samarinda belum juga diberangkatkan oleh Lion Air.

Umi, salah seorang penumpang yang berhasil dikonfirmasi mengaku kecewa dengan pihak maskapai. Sebenarnya ia bersama penumpang lainnya akan berangkat pada Minggu (5/2/2017) sekitar pukul 19.55 WIB. Namun, ternyata delay tanpa ada kepastian pemberangkatan. Sekitar pukul 21.45 WIB, mereka akhirnya mendapat pemberitahuan ada pembatalan pemberangkatan. “Kami dijanjikan terbang hari Senin (6/2/2017) jam 06.00 WIB,” ujarnya.

Mereka lantas dibawa ke hotel untuk menginap dan dijanjikan diberi kompensasi Rp300.000. Senin (6/2/2017) pukul 04.00 WIB penumpang dibangunkan untuk bersiap ke bandara. Pukul 05.00 WIB mereka sudah sampai bandara dan mulai naik pesawat. Namun, pesawat tidak jadi berangkat lagi tanpa ada kepastian.

Hingga pukul 10.00 WIB, pesawat tetap belum diberangkatkan. Oleh maskapai tersebut mereka diminta untuk turun terlebih dahulu karena pesawat akan diberangkatkan pukul 11.45 WIB. Alasan disampaikan ke penumpang, maskapai belum mendapat izin dari pihak administrasi dan juga ada penerbangan militer. “Ini masih ada 15-an penumpang yang tidak mau turun,” katanya.

Otoritas Penerbangan PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto membenarkan adanya penundaan penerbangan pesawat maskapai Lion Air. Mereka menerima pemberitahuan dari maskapai alasan delay karena adanya permasalahan operasional semata.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama mengatakan, pesawat Lion Air batal berangkat pada Minggu malam karena alasan operasional. Rencananya pesawat kembali diterbangkan Senin (6/2/2017) pukul 06.30 WIB. Tetapi hingga siang belum diberangkatkan karena operasional. “Pesawat JT 520 JOG-BDJ, kurang lebih pukul 07.30 WIB penumpang diturunkan dari pesawat karena alasan operasional,” ujarnya seperti dilansir laman Sindonews.com.

Rencananya, pesawat tersebut diterbangkan kembali pada pukul 10.15 WIB. Namun, hingga pukul 10.45 WIB belum diberangkatkan karena menunggu giliran jadwal untuk take off. Mundurnya keberangkatan pesawat tersebut dikarenakan kondisi bandara tengah sibuk. (*/SIN)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.