Deddy Mizwar: Asian Games 2018 Dongkrak Pariwisata Jabar

0
676
Green Canyon wisata unggulan Jawa Barat

BANDUNG, Bisniswisata.co.id: Ajang olahraga internasional Asian Games 2018, bukan hanya menggapai prestasi olahraga namun juga mampu mendongkrak pariwisata Jawa Barat. Pasalnya, sejumlah cabang olahraga yang dipertandingan pada ajang olahraga tingkat Asia ini digelar di Provinsi Jawa Barat.

“Saya kira akan ada dampak pariwisata, karena di Ciletuh, Sukabumi akan digunakan untuk cabor surfing, BMX di Ciamis. Kepariwisataan kita harapkan ada multiple effect dari Asian Games,” papar Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Bandung, Jumat (21/4/2017).

Ditemui setelah memimpin Rakor Penyiapan Venue Asian Games 2018 Wilayah Jawa Barat, di Gedung Sate, ia menuturkan secara umum Provinsi Jawa Barat siap membantu dan menyukseskan Asian Games 2018.

Selain itu, ia berharap Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA), segera menetapkan jumlah venue di Jawa Barat yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018, paling lambat pada 4 Mei 2017.

“Karena itu kita persiapkan sampai 4 Mei nanti, semua venue yanag diprediksi akan dipakai, harus di-assessment sehingga bisa keluar seberapa banyak biaya untuk renovasi, dan termasuk untuk pembangunan sarana prasarana untuk setiap cabor,” kata dia.

Menurut dia, apabila pada 4 Mei 2017 telah ditetapkan maka pihaknya dapat mengajukan renovasi venue atau pembangunan sarana dan prasarananya dalam Musrenbang Nasional pada 9 Mei 2017 sehingga penganggarannya bisa didapat dari APBN Perubahan 2017 atau APBN 2018.

“Ini ada keputusan venue belum ditentukan secara pasti, sebab ada perubahan-perubahan yang kemarin diajukan 42 cabor, jadi 36. Tapi disetujuinya jadi 39 cabor oleh OCA. Makanya, nanti menunggu surat resmi dari OCA,” kata dia.

Ia menuturkan perubahan jumlah cabang olahraga yang akan diselenggarakan dalam Asian Games 2018 ini menyangkut juga dengan penggunaan venue di Jawa Barat. Akan tetapi, sebagai antisipasi hingga kini, pihaknya tetap mempersiapkan venue, saat jumlahnya ditetapkan masih 42 cabang olahraga.

Sejumlah cabang olahraga yang rencananya dicoret untuk dilaksanakan di Jawa Barat adalah hand ball dan roller sport. Pada awalnya, menurut dia, untuk cabang olahraga hand ball rencananya dilaksanakan di Gymnasium UPI dan roller sport awalnya akan dilaksanakan di Stadion Patriot Bekasi.

“Namun kemudian masuk lagi BMX ke Jabar. Karena di Palembang ternyata bukan untuk BMX. Kalau di Jakarta belum siap, Ciamis bisa jadi venue BMX. Kita siapkan saja dulu. Kunjungi venue-venue untuk melihat kebutuhannya apa,” kata dia.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat targetkan kunjungan wisatawan sebanyak 1.300.000 orang wisatawan mancanegara dan 42.458.900 orang wisatawan nusantara berwisata ke Jawa Barat sepanjang tahun 2017.

Saat ini di Jawa Barat memiliki 16 destinasi pariwisata unggulan. Antara lain: Gua Sinjang dan Jalur Kereta Banjar-Cijulang di Kabupaten Pangandaran, Taman Hutan Raya di Kab.Kuningan, Kawasan GeoPark Ciletuh dan Kampung Adat Ciptagelar (Kab. Sukabumi),

Taman Buah Mekarsari (Kab. Bogor), Situs Gunung Padang (Kab. Cianjur), Green Canyon dan Pecandian Batujaya (Kab. Karawang), Pulau Bayawak dan Wisata Air Cimanuk (Kab. Indramayu), Tamansari Gua Sunyaragi (Kab. Cirebon), Tahura Djuanda (Kota Bandung), Batu Dua Paralayang (Kab. Sumedang), Kampung Naga (Kab. Tasikmalaya), dan Pantai Rancabuaya (Kab. Garut). (*/ant)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.