Daya Tarik Bengawan Solo Purba Jadi Wisata Edukasi

0
602
Atraksi budaya di Bengawan Solo Purba

YOGYAKARTA, Bisniswisata.co.id: Bengawan Solo Purba ternyata memiliki daya tarik untuk ditawarkan ke wisatawan sebagai wisata edukasi. Sepanjang aliran sungai yang bermuara di Pantai Sadeng, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, ternyata menyimpan peninggalan benda prasejarah yang patut untuk dipelajari.

“Saat ini, di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo Purba telah dipasang papan informasi terkait dengan sejarah tempat itu,” ucap Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono seperti dikutip dari laman harianjogja.com, Jumat (26/05/2017).

Harry berharap, papan informasi tersebut dapat dimanfaatkan orang-orang yang melintas ataupun wisatawan yang sengaja mengunjungi tempat itu. Selain itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul juga juga telah berkoordinasi dengan pihak desa setempat untuk mengembangkan dan menjaga ekosistem di kawasan tersebut.

Alasannya, kawasan aliran Bengawan Solo Purba juga merupakan salah satu bagian dari jajaran perbukitan karst yang kini masuk sebagai Geopark Gunungsewu. Kemudian, kata Harry, Gunungsewu sendiri telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO pada 2015 lalu.

Kepala Desa Pucung, Bambang Untara mengatakan, salah satu desa yang di lewati aliran Sungai Bengawan Solo Purba sampai saat ini masih digunakan sebagai lahan pertanian. Wilayah tersebut memang cocok untuk dikembangkan sebagai wisata edukasi yang dipadu dengan wisata pertanian.

Untuk itu, beberapa kali Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sempat berdiskusi dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, maupun Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta perihal pemanfaatan aliran sungai purba itu. “Kami masih punya mimpi ini karena wilayah tersebut sangat potensial untuk wisata kebun buah,” imbuhnya. (*/hjc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.