Danau Wisata Jakabaring Dipercantik Jelang Asian Games

0
841
Danau Jabaring Palembang (Foto: SkyscraperCity)

PALEMBANG, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus menata Objek Wisata Danau Ogan Permata Indah Jakabaring Palembang, menjelang pesta olahraga Asian Games. Penataan ini punya dua tujuan supaya lebih menarik dan enak dipandang mata bagi wisatawan yang ingin menyaksiakan destinasi wisata di kota Pempek.

“Danau tersebut selama ini menjadi tempat permainan air bagi masyarakat daerah ini, tetapi kondisinya belum maksimal sehingga perlu ditata yang lebih rapi, lebih bagus, lebih enak dipandang mata dan lebih alami lagi,” kata Pelaksana Tugas Sekda Sumsel Joko Imam Sentosa di Palembang, Jumat (14/7/2018).

Menurut dia, Pemprov Sumsel akan menyerahkan pengelolaan objek wisata tersebut kepada pihak ketiga. “Apalagi menjelang Asian Games maka semua objek wisata yang ada harus tertata dengan baik,” ujar dia.

Penataan lahan di wilayah tersebut memang harus dimaksimalkan terutama untuk menambah pendapatan daerah. Dalam pengembangan tempat wisata itu phaknya telah melihat paparan yang disampaikan pihak pengembang dan penataannya memang lebih menarik. Apalagi kawasan danau ini sangat gersang, tanaman pohon sangat kurang sehingga nampak kering kerontang.

Selain itu, dalam pengembangan kawasan tersebut dalam waktu dekat akan dilaksanakan perjanjian kerja sama. Penataan kawasan tersebut ditargetkan selesai sebelum pelsksanaan Asian Games 2018.

Bukan hanya Danau Ogan Permata Indah, juga akan memaksimalkan areal Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumsel sebagai tempat wisata alternatif. Juga beberapa destinasi wisata lainnya sehingga wisatawan yang datang memiliki kesan mendalam ketika meninggalkan Palembeng.

Data tercatat ada 35 obyek wisata yang tersebar di Palembang. Dari jumlah itu, hanya 10 destinasi wisata yang paling hit, top dan kerap didatangi wisatawan. Kesepuluh destinasi itu:

01. Jembatan Ampera

Jembatan ini jadi ikon wisata. Pembangunan jembatan butuh waktu kurang lebih 3 tahun dimulai tahun 1962 era Presiden Soekarno. Jembatan megah nan indah ini menghubungkan dua daerah yang dipisahkan Sungai Musi, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Selain bangunannya apik, wajah jembatan ini semakin tampak rupawan menjelang malam. Tebaran lampu berjajar di sepanjang jembatan semakin menambah daya tarik. Keindahan Jembatan Ampera di malam hari sering kali diabadikan para wisatawan. Apalagi ada pasar suvenir dan makanan di jarak 50 meter dari jembatan semakin menambah keasyikan menikmati suasana malam.

02. Sungai Musi

Sungai terpanjang di pulau Sumatera ini juga menjadi andalan tempat wisata di Palembang. Sungai Musi memiliki panjang 750 km yang membelah kota Palembang. Tak hanya dimanfaatkan untuk sektor ekonomi, Sungai Musi dikembangkan sebagai objek wisata dengan pesona tersendiri. Panorama sungai yang tenang menarik minat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini tak hanya perahu jelajah untuk mengarungi sungai, juga kafe, restoran yang berjajar di tepian sungai.

03. Pulau Kemaro

Pulau ini berada di tengah Sungai Musi, jaraknya kurang lebih sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Sebagai destinasi wisata, Pulau Kemaro menawarkan pemandangan indah juga tempat ziarah menawan. Di sini terdapat pagoda 9 lantai, klenteng Dewi Kuam Im (Soei Goeat Kiong), makam Tan Bun An dan Siti Fatimah, juga beberapa patung dewa-dewi dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan perahu tradisional yang bisa disewa dari Jembatan Ampera.

04. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Darussalam. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan untuk menangkal serangan dari Belanda di masa perang melawan penjajahan dulu. Hingga saat ini, bangunan benteng masih berdiri kokoh dan terawat juga terjaga kebersihannya. Lokasinya tidak jauh dari Sungai Musi. Sebagai tempat bersejarah, tak heran jika Benteng Kuto Besak ini menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

05. Masjid Agung Sultan Badaruddin

Masjid ini bukti sekaligus peninggalan sejarah penyebaran ajaran agama Islam di Palembang. Masjid terbesar di Palembang, memadukan sentuhan arsitektur Indonesia, Eropa, dan juga Cina. Tak heran apabila masjid ini menjadi tujuan wisata budaya sekaligus religi. Tak hanya sekadar untuk beribadah, tempat wisata juga menawarkan keindahan ornamen bangunan yang memanjakan mata. Setelah puas beribadah dan menikmati keindahan masjid ini, pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas Palembang di pasar yang terletak tak jauh dari masjid.

6. Masjid Cheng Ho Palembang

Dari namanya Anda pasti sudah bisa menduga asal-usul dari masjid yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Palembang ini. Dilihat dari bangunannya, masjid ini tampak seperti klenteng. Tak perlu heran, karena memang masjid ini bernuansa ornamen Tionghoa. Sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata, tidak ada retribusi yang dikenakan kepada pengunjung. Meski demikian, pengunjung tetap diminta untuk menjaga ketenangan di sekitar lokasi masjid.

07. Wisata Bukit Siguntang

Bukit Siguntang dengan pesona alamnya yang menarik semakin menambah daftar tempat wisata di Palembang yang patut disinggahi. Lokasinya berada di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Konon, bukit dengan ketinggian mencapai 29-30 meter ini digunakan sebagai tempat beribadah dan bertapa keluarga kerajaan untuk menenangkan pikiran. Meski zaman telah berubah dengan teknologi yang semakin canggih, namun masyarakat setempat masih menganggap sakral bukit ini. Tempat wisata ini digunakan sebagai tempat berziarah ke makam para bangsawan yang dianggap sebagai orang yang berjasa atas berdirinya Kota Palembang.

08. Air Terjun Lematang Indah, Air terjun Bidadari dan Air Terjun Maung

Air terjun Lematang Indah merupakan tempat wisata di Palembang yang menyuguhkan panorama alam nan indah. Terletak di Kota Pagar Alam, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 40 meter ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat lokal juga wisatawan yang singgah di kota ini. Selama perjalanan menuju lokasi wisata ini, Anda tak akan bosan melihat pemandangan alam yang tersaji di sepanjang jalan. Puncaknya, tentu saja Anda tidak akan menyesal begitu sampai di tempat wisata alam ini.

Tempat wisata di Palembang lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah air terjun Bidadari. Lokasinya terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang yang berjarak kurang lebih 8 km dari Kota Lahat, Palembang. Sebagai objek wisata alam, air terjun Bidadari menyuguhkan pemandangan yang elok dan tentunya tak hanya menyegarkan mata yang memandang tetapi juga hati dan pikiran. Asyiknya, di lokasi wisata ini juga terdapat 3 air terjun yang juga menyita perhatian, yaitu air terjun Bujang Gadis, Sumbing, dan Naga. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, sekali dayung tiga pulau terlampaui, di mana Anda bisa menikmati keindahan alam dan air terjun tak hanya satu tetapi 4 sekaligus.

Air terjun atau Curup Maung, tempat wisata ini sempat menjadi trending topic di internet karena keindahan alamnya yang tak terbantahkan. Berada di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat, Curup Maung dapat ditempuh baik dengan motor maupun mobil. Namun, untuk menuju ke lokasi wisatanya, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1 jam. Cukup menjelajah karena harus melalui hutan dan kebun kopi yang agak curam. Meski demikian, lelah yang dirasa selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam Curup Maung yang memang mempesona.

09. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Punti Kayu merupakan satu-satunya tempat wisata di Palembang yang menawarkan panorama hutan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Palembang, hanya berjarak kurang lebih 7 km. Sebagai tempat wisata, hutan Punti Kayu memiliki luas area sekitar 50 hektar yang dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti kebun binatang dan penangkaran buaya, kolam renang, perahu, atraksi gajah, taman bermain, dan menunggang kuda. Hutan Punti Kayu merupakan hutan pinus terbesar di Indonesia, sehingga selalu dijaga kelestariannya.

10. Gunung Dempo

Sebagai gunung tertinggi di provinsi Sumatera Selatan, Gunung Dempo memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu tempat wisata di Palembang. Suguhan panorama alam dengan hamparan rumput yang hijau sangat asri dan menenangkan. Tempat wisata ini dapat diakses dengan kendaraan pribadi dan juga umum. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.