Home INDEX Dampak Demo, Wisata Balai Kota Ditutup

Dampak Demo, Wisata Balai Kota Ditutup

0
653
Antrian pengunjung Wisata Balai Kota Jakarta

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup sementara penyelenggaraan Wisata Balai Kota di Jakarta pada 5-6 November 2016. Penutupan sebagai bentuk antisipasi dampak dari demonstrasi yang digelar Jumat (4/11).

“Wisata Balai Kota kita tutup sementara pekan ini. Karena kita belum tahu dampak demonstrasi besok seperti apa. Lebih baik kita tutup sementara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Agustino Darmawan, Kepala Biro Umum DKI Jakarta, Jumat (04/11/2016).

Wisata Balai Kota kembali akan dibuka setelah suasana di Ibukota kondusif. “Jika memang sudah kondusif, akan kembali dibuka Sabtu-Minggu mendatang,” tandasnya.

Diakuinya, hingga sekarang teruatama saat libur panjang akhir, pengunjung Wisata Balai Kota DKI Jakarta selalu meningkat. Rata-rata pengunjung dari pagi hingga sore hari antara 400 hingga 500 orang.

Wisata Balai Kota dibuka sejak era Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bertujuan untuk mengajak warga Jakarta maupun wisatawan nusnatara dan mancengtara untuk melihat langsung Balai Kota Jakarta.

Ditambahkan, Wisata Balaikota kini menjadi destinasi baru setelah mengunjungi Monumen nasional (Monas) umumnya wisatawan mampir mengunjungi wisata Balai Kota. Wisatawan bisa sekaligus ke tiga tempat. Jakarta Smart City Lounge, Ruang Kerja Gubernur dan nonton bioskop.

Wisata di Jakarta Smart City Lounge, wisatawan atau pengunjung bisa mendapatkan berbagai informasi sistem pelayanan di Jakarta termasuk cara menyampaikan keluhan.

Selanjutnya menyaksikan wisata ruang kerja Gubernur, pengunjung bisa melihat ruang kerja Basuki Tjahaja Purnama serta merasakan duduk di kursi kerjanya.

Selanjutnya pengunjung akan dimanjakan dengan tayangan film di bioskop area Balaikota. “Filmnya nanti macam-macam. Ada film kartun, film perjuangan, ganti-ganti setiap harinya,” terang Fatih, dari Divisi Jakarta Smart City (JSC) Operational.

Wisata Balaikota ini bisa dengan bebas dinikmati secara cuma-cuma alias gratis. Namun untuk waktunya dibatasi hanya berlaku pada Sabtu dan Minggu pukul 9.00 hingga 15.00. “Silahkan datang, kami dengan senang hati menyambut pengunjung. Sejauh ini yang datang banyak dari Jakarta tapi yang dari pinggiran Jakarta juga banyak kaya dari Bekasi, Tangerang, Bogor,” pungkas.

Ditambahkan, wisatawan juga diharapkan berpartisipasi melaporkan segala keluhan melalui aplikasi Qlue. Melalui aplikasi itu laporan dari masyarakat bisa langsung ditindaklanjuti.

“Semua masuk ke aplikasi Qlue. Kalau mau mengeluh ingat saja ada aplikasi qlue, itu dari kata mengeluh. Laporkan apa saja, pasti diperhatikan dan ditindaklanjuti,” tambahnya. (endy)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.