Dampak Bom Jakarta, Tak Ada Wisatawan Cancel ke Batam

0
1310
batam (foto: http://batamnews.co.id)

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id: AKSI teror bom yang terjadi di Jakarta, Kamis (14/1/2016), tidak berdampak juga memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam juga wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

“Teror bom enggak berpengaruh untuk Batam dan Kepri, tidak ada ‘cancel’ dan ‘event’ jalan terus,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti di Batam, Minggu (17/1/2016).

Dua jam pascateror di Jalan Thamrin Jakarta, Dinas Pariwisata Kepri langsung memantau tiap lini industri pariwisata. Ia menyatakan seluruh kegiatan berlangsung normal. Hingga kini pun, lanjut dia, tidak ada jadwal perjalanan pariwisata, termasuk kegiatan wisata yang terpaksa batal akibat teror.

“Sejak Kamis sore sampai Sabtu (16/1/2016) semua berjalan seperti biasa. Tidak ada pembatalan kedatangan maupun keberangkatan dari dan ke Singapura. Bahkan, jumlah penumpang juga tidak terlihat ada perubahan atas kejadian peristiwa teror di Jakarta,” kata Guntur.

Menurut dia, wisatawan yang tiba di Batam juga terlihat biasa saja, tidak ada perubahan perilaku sebagian bentuk antisipasi teror ataupun ketakutan. Kendati demikian, kata dia, aparat kepolisian meningkatkan pengamanan di sekitar fasilitas umum vital, termasuk pelabuhan internasional. Namun, pelancong terlihat tidak merasa terganggu dengan pengetatan keamanan tersebut.

Sementara itu, wisman asal Singapura yang ditemui di pusat perbelanjaan, Rene, mengatakan dirinya tidak khawatir dengan teror yang terjadi di Indonesia. “Biasa saja, Jakarta itu jauh. Kami percaya Batam aman,” katanya seperti dikutip laman Antara.

Ia menyatakan yakin dengan langkah pengamanan yang dilakukan kepolisian Indonesia, terbukti dengan penanganan teror yang relatif cepat di Jakarta. Pada hari Sabtu (16/1/2016), wisman asal Singapura dan Malaysia terlihat ramai di pusat perbelanjaan Batam, sama seperti akhir pekan biasanya. (*/a)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.