China Penyumbang Wisatawan Belanja Terbesar Dunia US$229 Miliar

0
557

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: WISATAWAN China mencatat sejarah baru dalam industri pariwisata setelah 109 juta warganya yang bepergian ke luar negeri selama 2015 melakukan belanja ritel sebesar US$229 miliar, menurut lembaga survei GfK.

Data tersebut menunjukkan bahwa China merupakan salah satu sumber wisatawan global terbesar, baik dari sisi jumlah perjalanan maupun uang yang dibelanjakan. Pada waktu yang sama, dilaporkan terjadi perubahan yang nyata dalam hal perilaku pelaku wisatawan China, yakni kemapanan generasi mudanya sebagai penggerak pengeluaran untuk wisata tujuan luar negeri.

Masih menurut lembaga tersebut, wisatawan China disebutkan terus mencari destinasi wisata baru. Sampai 2013, Hong Kong menjadi tujuan utama karena kesamaan budaya, biaya lebih murah serta aksesnya yang lebih dekat sebagaimana dikutip hotelnewsnow.com, Senin (18/1/2016).

Selain itu, Hong Kong menawarkan surga belanja dan hal itu menjadi faktor motivasi paling kuat bagi wisatawan China. Akan tetapi pada 2014, banyak wisatawan China yang memilih destinasi lain yang menawarkan pengalaman sejarah dan budaya selain belanja.

Mulai November 2015, lima destinasi wisata utama wisatawan China adalah Korea Selatan dengan kenaikan 112% sejak 2011. Sedangkan Thailand pada urutan kedua dengan kenaikan 263%. Hong Kong hanya naik 37%, Jepang 157% dan Taiwan sebesar 54%. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.