Cegah Serangan Teroris, Menara Eiffel Dipasangi Kaca Antipeluru

0
1169
Menara Eifiel bakal dibanjiri wisatawan di Musim panas

PARIS, bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota Paris rencana membangun tembok kaca setinggi 2,5 meter mengelilingi Menara Eiffel. Tembok kaca anti-peluru yang dipasang pada musim gugur mendatang ini, diharapkan mampu melindungi salah satu lokasi wisata yang paling diburu turis di Paris ini dari serangan teror. Langkah ini juga merupakan bagian dari program jutaan euro guna mencegah serangan di monumen ternama dunia.

Dinding kaca akan menggantikan pagar logam yang didirikan di sekitar menara setinggi 324 meter tersebut saat berlangsung turnamen sepak bola Eropa Euro 2016. “Ancaman teror masih besar di Paris dan berbagai situs paling rawan, terutama Menara Eiffel, harus mendapatkan pengamanan khusus,” ujar Wakil Wali Kota Jean-Francois Martins.

Dinding tersebut akan mencegah orang atau kendaraan menerobos menara yang dikunjungi enam juta wisatawan per tahun tersebut. Pengamanan di Prancis ditingkatkan pascaserangkaian serangan ekstremis yang menewaskan 238 orang di negara tersebut sejak Januari 2015 hingga Juli 2016, demikian AFP, Jumat (10/02/2017).

Martins menambahkan, pembangunan kaca akan memberikan tiga manfaat sekaligus, “Memperkuat pengamanan, bagi staf dan turis, memperindah penampilan Eiffel dan membuat akses menjadi lebih mudah.” lontarnya.

Data Kementerian Pariwisata Prancis menunjukkan sedikitnya enam juta turis asing mengunjungi Menara Eiffel setiap tahunnya. Jika disetujui, proyek senilai 20 juta Euro atau Rp 283 miliar itu diharapkan dapat mengganti pagar besi yang mengelilingi Eiffel saat gelaran pertandingan piala sepak bola Euro 2016 lalu.

Ibu kota Prancis dalam pengamanan ketat setelah serangan teror pada November 2015 menewaskan 130 orang. Juli lalu, 86 orang tewas saat sebuah truk menabrak kerumunan dalam perayaan Hari Bastille di Kota Nice. Serangan terbaru terjadi pada awal bulan ini ketika seorang pria asal Mesir menyerang tentara yang menjaga Museum Louvre di Paris. (*/NDI)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.