Byar-Pet Guncang Manado, Pebisnis Perhotelan Mengeluh

0
649
Byar oet guncang Manado

MANADO, test.test.bisniswisata.co.id: Pemadaman listrik bergilir yang terjadi di Kota Manado dikeluhkan pebisnis hotel. Akibat byar-pet yang terus melanda Manado menyebabkan biaya operasional melonjak karena peralatan elektronik rusak, juga tamu mengaku tidak nyaman dan aman.

General Manager Lion Hotel and Plaza Manado Rahmat Billy mengatakan, setiap hari terjadi pemadaman dari pukul 17.00-22.00 WITA. Akibatnya biaya operasional naik untuk biaya pemasangan genset. Rata-rata per hari menghabiskan solar hingga 700 liter atau setara Rp 5,5 juta per hari. “Hal ini sangat merugikan kami karena biaya tersebut selalu kami keluarkan setiap hari,” jelas Rahmat di Manado, Rabu (11/11/2015).

Yang paling parah, kata Rahmat, peralatan elektronik sebagai modal usaha hotel, seperti lemari es, mesin pemanas makanan dan paling banyak pendingin ruangan, mengalami kerusakan.

Hal senada dikatakan General Manager Hotel Aston Manado, Bambang Wijanarko, seringnya pemadaman bergilir meningkatkan biaya tidak terduga. “Pengeluaran yang tidak terduga seperti biaya genset yang cukup besar, serta harus memperbaiki peralatan listrik yang sudah mulai rusak,” jelas Bambang.

Bambang mengatakan, pemerintah harus mencari alternatif lain dengan memberikan kesempatan pihak swasta untuk berinvestasi listrik di Sulawesi Utara. “Kami berharap pemadaman listrik ini akan segera berakhir,” jelas Bambang.

General Manager PLN Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) Baringin Nababan mengatakan, PLN terus melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi sehingga pemadaman akan terus diminimalisir.

“Perbaikan terus kami lakukan, progres pembangunan fisik PLTG Gorontalo 100 MW telah mencapai 43 persen sejak dimulai pembangunannya awal September 2015 oleh kontraktor dari PT Pembangunan Perumahan (Persero), salah satu BUMN Karya yang ikut serta dalam pembangunan proyek infrastruktur ketenagalistrikan,” jelas Baringin.

Juga, katanya, PLTG Gorontalo 100 MW ini termasuk dalam proyek pembangunan 35 ribu MW yang menjadi program pemerintah pusat. (*/end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.