Bus Wisata Malaysia Terbakar, 31 Wisatawan Indonesia Selamat

0
438
Bus wisata Malaysia ditumpangi turis Indonesia terbakar (Foto: Facebook)

KUALA LUMPUR, Bisniswisata.co.id: Sebanyak 31 wisatawan asal Indonesia lolos dari kebakaran bus wisata yang ditumpanginya di Kilometer 99.9 Jalan Tol Utara-Selatan (PLUS) arah Utara, Yong Peng, Batu Pahat, Negara Bagian Johor Malaysia, Kamis (14/12/2017). Akibat kebakaran ini, bus pariwisata ludes terbakar dan tak ada korban dalam peristiwa ini.

Dilaporkan The Star, Jumat (15/12/2017), turis Indonesia dalam perjalanan dari Johor menuju Kuala Lumpur saat pengemudi bus mencium bau benda terbakar. Menangkap ada yang tak beres, sopir meminta seluruh penumpang untuk keluar. Tidak lama kemudian muncul asap hitam dari bagian belakang bus disusul dengan jilatan api.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Yong Peng Nazari Keling mengatakan, mereka mendapat laporan adanya bus terbakar pada pukul 11.11 waktu setempat. Berdasaran pemeriksaan awal, api berasal dari kompartemen mesin.

Akibat kebakaran ini, para wisatawan yang seharusnya kembali ke Tanah Air pada Jumat (15/12/2017) harus menerima kenyataan kehilangan semua barang bawaan mereka, termasuk paspor yang ikut terbakar.

Perusahaan travel yang memberangkatkan mereka sudah menghubungi kedutaan besar di Kuala Lumpur untuk memproses paspor sementara agar mereka bisa kembali.

Konjen Konsul Jendral Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Haris Nugroho membenarkan terjadi peristiwa bus pariwisata terbakar saat hendak menuju Kuala Lumpur Malaysia setelah berwisata di beberapa obyek wisata JOhor.

“Laporan Kamis sore mereka masih di Balai Polisi Yong Peng. Tapi karena ingin kembali ke Indonesia via Kuala Lumpur International Airport (KLIA) II, sehingga mereka putuskan mau mengurus Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) ke KBRI Kuala Lumpur dan mengurus special pass ke Imigrasi Kuala Lumpur, namun kejadian kebakaran terjadi,” kata Haris ketika dikonfirmasi di Johor, Jumat (15/12/2017)

Dijelaskan, para Wisatawan terdiri atas guru dan dosen dari Jakarta yang sedang berwisata ke Johor memanfaatkan liburan sekolah. Mereka harus mengurus SPLP di KBRI Kuala Lumpur karena paspornya ikut terbakar di dalam bus.

Menurut Kepala Pemadam Kebakaran Yong Peng, Mohd Asroy Mohd Yahaya kejadian terjadi pukul 11.00 waktu setempat saat bus perjalanan dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur. Hingga kini belum diketahui penyebab bus dilalap api dan masih dalam penyelidikan polisi setempat.

Dua pemadam kebakaran dari Ayer Hitam dan empat personil dari pemadam kebakaran Yong Peng telah berhasil memadamkan api 15 menit setelah kejadian namun bus tidak bisa diselamatkan. “Tak ada korban dalam peristiwa kebakaran ini,” papar Yahaya.

Atase Imigrasi KBRI Kuala Lumpur, Mulkan Lekat mengatakan, dari 32 orang wisatawan tersebut hanya tiga orang yang paspornya berhasil diselamatkan. Staf Imigrasi KBRI Kuala Lumpur Febi ikut membantu menguruskan special pass ke Imigrasi Putrajaya sebelum mereka kembali ke Jakarta pada Jumat (15/12) malam. (STAR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here