BUMN Transportasi Antisipasi Mudik Lebaran

0
1286

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: MENGANTISIPASI arus mudik dan arus balik Lebaran 2015, perusahaan jasa angkutan baik darat dan udara pelat merah telah menyiapkan strategi antisipasi sekaligus meningkatkan pelayanannya. Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah penumpang angkutan umum Lebaran 2015 bertambah sekitar 1,96 persen. Sebagian besar penumpang akan diangkut dengan memanfaatkan moda transportasi kereta api, angkutan darat penerbangan dan kapal penyeberangan.

Direktur Utama Perum Damri, Agus Subrata menuturkan, Damri akan menambah jumlah armada sekitar 638 bus yang disiapkan ke berbagai tujuan terutama Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan.

Di luar itu, Damri tidak akan meninggalkan layanan reguler yang telah ada terutama untuk armada yang melayani rute dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. “Khusus yang 638 armada itu di luar reguler. Kami sudah siap untuk menambah armada,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (21/06/2015).

Damri jalin kerja sama Pelindo III dan Pelindo IV yang merupakan operator pelabuhan untuk meningkatkan interkoneksi ke berbagai tujuan mudik yang dilayani menggunakan transportasi laut.

Direktur Utama PT Citilink Albert Burhan menjelaskan, perseroan telah meyiapkan tambahan kapasitas kursi kurang lebih 18 persen dibanding dengan kapasitas normal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Rute yang diperkirakan alami lonjakan di Padang, Medan, dan beberapa kota di Jawa.

Citilink juga mengajukan 15 frekuensi penerbangan PP per hari untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat Lebaran.
Beberapa rute penerbangan yang telah diajukan antara lain Medan, Padang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan juga kota yang banyak dituju pemudik.

PT Garuda Indonesia Tbk memperkirakan ada tambahan kapasitas sekitar 15 persen. Diperkirakan total mencapai 1,6 juta seat mulai dari H-10. Adapun rute tambahan yang dipersiakan antara lain Yogyakarta, Semarang dan Solo. “Kami menambah slot pada saat nanti Lebaran,” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Arif Wibowo.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan kesiapannya dalam melayani penumpang pada Lebaran tahun ini. Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat melakukan pantauan langsung di Stasiun Tawang mengatakan, meski sudah menjadi agenda tahunan namun pihaknya tidak ingin kecolongan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan tiket mudik. Sebab, semua tiket masih tersedia dan yang sudah habis terjual hanya untuk keberangkatan di H minus 3 hingga H minus 1. Juga meminta semua kepala daerah operasi untuk memberikan keamanan kepada masyarakat pengguna moda kereta api. Kami ingin memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pemudik, selama Lebaran berlangsung,” lontarnya.

PT Pelni (Persero) menyiapkan 24 armada kapal. Jumlah ini terdiri dari 5 kapal tambahan yang telah disiapkan perusahaan pelat merah tersebut. Alokasi kapal tambahan tersebut akan diarahkan bagi wilayah-wilayah yang terjadi lonjakan tinggi seperti tujuan Pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah dan Pelabuhan Kumay, Balikpapan.

“Yang dioperasikan yakni 19 kapal dalam posisi beroperasi normal dan 5 kapal dalam posisi standby alias kapal cadangan,” ujar Direktur SDM Pelni, Datep Purwa Saputra. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.