Bukit Bangkirai, Wisata Alam yang Sangat Menantang

0
913

BALIKPAPAN, bisniswisata.co: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan beberapa waktu lalu telah melakukan kunjungan ke Kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai Kalimantan Timur. Kawasan wisata alam yang dikelola PT. Inhutani I ini memiliki beberapa tempat obyek wisata alam yang sangat menarik.

Menhut  saat memasuki kawasan wisata alam ini mencoba melintas di Canopy Bridge pada ketinggian 30 meter dari permukaan tanah sepanjang 64 meter yang terhubung dari  4 lintasan  dari satu pohon ke pohon yang lain.

Padahal pada lintasan pertama, Zulkifli Hasan melewati lintasan Canopy Bridge itu sepanjang 15 meter, kemudian dilanjutkan pada lintasan kedua sepanjang 8 meter, lintasan ketiga sepanjang 23 meter dan melewati lintasan ke empat sepanjang 18 meter.

Canopy Bridge merupakan salah satu daya tarik di kawasan wisata alam Bukit Bangkirai yang terletak di Kabupaten Kutai Kertanegara tersebut. Karena dari ketinggian Bukit Bangkirai itu pengunjung bisa melihat indahnya hijau dedaunan dan pohon-pohon di kawasan hutan hujan tropis.

“Ini merupakan lokasi wisata alam yang sangat menantang. Mereka yang suka dengan tantangan alam seperti ini bisa  menguji ‘adrenalin’ dengan dituntut keberanian berjalan di atas jembatan kayu Bangkirai (Shorea laevis). Ini termasuk jenis wisata yang sehat untuk kebugaran tubuh,” kata Menhut.

Jembatan kayu yang dibuat pada tahun 1998 ini menjadi salah satu lintasan di ketinggian yang bisa dinikmati bagi para wisatawan yang gemar berpetualang. Selain Menhut menyempatkan diri tracking juga sekaligus meresmikan obyek wisata alam tersebut.

Menhut bersama rombongan telah menanam pohon Gaharu, sekaligus turut berpartisipasi dalam program Adopsi Pohon Kruing. Usai berkunjung ke Kawasan Wisata Alam Bukit Bangkirai, Zulkifli Hasan melakukan peninjauan sekaligus meresmikan Kebun Raya Balikpapan.

“Kebun Raya Balikpapan juga sangat menarik untuk dikunjungi. Sebab Kebun Raya ini merupakan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang luasnya mencapai 309 hektar. Jadi sangat luas yang berada di kawasan hutan lindung Sungai Wain Kalimantan Timur,” jelas Menhut.

Dalam kunjungan ke Kebun Raya Balikpapan yang terletak  di kawasan hutan lindung Sungai Wain Kalimantan Timur, ini Menhut Zulkifli Hasan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Joko Kirmanto, Ketua LIPI Lukman Hakim, Gubernur Kaltim Awang Farouk dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi. (Arief Rahman)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.