Buaya Sungai Gegas, Daya Tarik Wisata Baru Bengkulu

0
1958
Buaya Muara di Papua

MUKOMUKO BENGKULU, test.test.bisniswisata.co.id: Ratusan buaya yang hidup di Sungai Gegas, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dikembangkan menjadi objek wisata penangkaran buaya.

“Potensi ratusan buaya hidup di Sungai ini, sangat luar biasa. Dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kini mulai dikembangkan menjadi objek wisata penangkaran buaya,” kata Camat Sungai Rumbai Darmadi di Mukomuko, seperti diberitakan Antara, Kamis (26/05/2016).

Untuk itu, lanjut dia, perlu kerja sama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) agar membuat penangkaran buaya. BKSDA-lah yang selama ini menangani masalah buaya di sungai tersebut.

“Kalau bisa pihak BKSDA yang membangun penangkaran buaya di sungai itu. Lalu mereka yang mengelolanya menjadi objek wisata di daerah ini,” ujarnya.

Menurutnya, wilayahnya hanya memiliki sungai Gegas untuk menjadi objek wisata. Potensi objek wisata lain, seperti pantai, aksesnya terlalu jauh dan belum ada jalan. Meskipun dibangun jalan, bakal kesulitan karena kondisi tanah sepanjang jalan itu berupa rawa.

Dengan adanya objek wisata penangkaran buaya, lanjut Darmadi, Sungai Rumbai dapat ramai dikunjungi wisatawan dari luar sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, membuat lapangan kerja baru dan menambah pendapatan asli daerah (PAD). (*/AO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here