Branding Pariwisata Natuna Diluncurkan`

0
966
Selaian destinasinya menarik, Pulau Natuna juga kaya Situs Prasejarah (Foto: Repro Google)

NATUNA, Bisniswisata.com – Pariwisata Natuna di Kepulauan Riau (Kepri) ingin maju seperti daerah lainnya. Langkah pertama meluncurkan branding pariwasata Natuna. Branding ini merupakan langkah awal dari rangkaian branding, advertising, dan selling. Brand Pariwisata Natuna berupa tulisan Natuna warna biru dengan gambar ombak dan gelombang di tengahnya.

Branding Natuna ini bisa diartikan sebagai sebuah destinasi wisata yang menawarkan berbagai pengalaman unik dan berbeda dari tempat lainnya dengan menonjolkan wisata bahari. Juga terkesan Karena simpel, eco friendly, dan humanis.

“Branding pariwisata Natuna yang diluncurkan diharapkan mampu dipasarkan hingga ditingkat internasional, dan dikenal diseluruh dunia” papar Kepala Dinas Pariwisata Natuna Erson Gempa Afriandi dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (02/08/2017).

Dijelaskan, launching Brand Pariwisata Natuna berbarengan dengan ditetapkan Hari Jadi Kota Ranai sebagai kalender event pariwisata Natuna. Acara dibuka oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dengan ditandai pelepasan 146 lampion dengan simbol 1 lampion besar mewakili 100 tahun dan 46 lampion kecil mewakili 46 tahun.

“Event ini sasarannya untuk pergerakan ekonomi rakyat, pariwisata dan juga untuk melestarikan seni budaya yang ada di Natuna. Jadi nantinya dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Natuna. Selain itu sasaran lainnya adalah mendatangkan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara,” ucap Erson.

Pada inti acara Pekan Expo Pariwisata Natuna, cukup heboh. Rangkaian acara diisi dengan beberapa atraksi seperti festival band, beberapa perunjukan seni budaya sekaligus diadakan lomba fotografi, lomba pacu kolek, bazar kuliner di pantai Kencana Ranai.

“Event ini ditutup oleh penampilan spesial dari Opick pada tanggal 1 Agustus 2017, diperkirakan bakal didatangi lebih banyak lagi wisman dan wisnus,” ujarnya.

Mendengar nama Natuna, kebanyakan orang memandang sebelah mata daerah terluar Indonesia. Jika dilihat dari segi infrastruktur memang seringkali daerah terluar yang berbatasan dengan negara lain kurang mendapatkan perhatian. Pembangunannya pun terkesan belum maksimal bagaikan anak tiri, jika dibandingkan dengan daerah-daerah di Pulau Jawa. Namun, jika menilik pada kekayaan alamnya, baharinya daerah-daerah ini malah sering mencuri perhatian warga dunia.

Natuna, lokasinya di ujung utara Indonesia yang langsung berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja serta perairannya menjadi rute pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea hingga Taiwan. Traveler domestik belum banyak yang mencium keindahan daerah ini namun traveler asing sudah begitu familiar dengan tempat yang disebut-sebut sebagai cuilan tanah surga ini.

Tercatat ada 10 destinasi wisata di Natuna yang kerap dikunjungi wisatawan, antara lain

01. Pantai Batu Kasah

Pantai ini juga kerap disebut sebagai Pantai Cemaga, salah satu pantai terbaik yang dimiliki kabupaten ini. Pantainya bisa traveler temukan di kecamatan Bunguran. Sekeliling pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa, batuan granit membuat gambaran pulau tropis nampak sempurna. Pantai ini juga dianugerahi bibir pantai sepanjang 5 km, dengan pasirnya putih dan air lautnya jernih membuat siapa saja yang berkunjung ke sana bakal langsung kepincut dengan pesonanya.

02. Batu Sindu

Menuju ke pantai timur kota Ranai, traveler disambut Batu Sindu. Batu Sindu nama kawasan pantai yang banyak dipenuhi dengan batu-batuan granit dengan berbagai bentuk dan ukuran. Menikmati kawasan Batu Sindu paling menarik lewat menara mercusuar di sekitar lokasi. Batu Sindu menyimpan potensi wisata sangat besar. Saat ini kawasan ini masih relatif alami dengan belum dibangunnya berbagai fasilitas pendukung. Kekurangannya setiap traveler yang berkunjung bakal mendapatkan banyak kesulitan seperti belum tersedianya tempat parkir, belum ada rumah makan dan penginapan dan berbagai fasilitas dasar obyek wisata lainnya.

03. Pantai Sisi
Tahun 2006, Pantai Sisi dinobatkan sebagai pantai alami terbaik di dunia versi majalah Island. Pantainya punya pasir putih dengan tekstur yang agak kasar sehingga jika bermain pasir di pantai, pakaian tetap bersih karena pasirnya tidak akan lengket di pakaian atau bahkan kulit. Lautnya yang sangat tenang membuat banyak traveler asing menganggapnya tidak seperti laut melainkan kolam.

04. Alif Stone Park
Kabupaten Natuna memiliki banyak pantai dengan karakteristik yang serupa yaitu dikelilingi oleh hamparan batu granit. Pemandangan paling sempurna antara pantai dan batuan granit bisa dilihat di Alif Stone Park, jadi ikon paling populer di Natuna. Sesuai namanya Alif Stone Park merupakan taman berbatu di tepi pantai Desa Sepempeng. Tempat wisata ini adalah perpaduan antara pantai pasir putih, air laut yang jernih serta gugusan batuan granit yang mempercantik kawasan. Fasilitas wisatawan yang ada di tempat ini adalah jembatan kayu yang menghubungkan antar batu-batu besar sehingga pengunjung bisa berkeliling di area sekitar taman batu ini.

05. Pulau Senua
Pulau Senua berada di wilayah administratif Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang. Kawasan ini adalah tempat yang sempurna bagi traveler yang mencari lanskap alam pantai yang eksotis dengan alam bawah laut yang magis. Perairan Pulau Senua memang dikenal berisi penuh dengan terumbu karang yang tumbuh subur. Di dalamnya hidup berbagai macam biota laut. Apalagi air laut di kawasan pulau ini terkenal memiliki visibilitas yang cukup jernih. Disamping itu pulau ini juga terkait erat dengan legenda masyarakat yang menyebutkan bahwa Pulau Senua adalah jelmaan dari seorang perempuan hamil. Kata Senua sendiri dalam bahasa setempat memiliki arti wanita yang berbadan dua.

06. Selemot di Desa Setengar
Destinasi satu ini belum banyak diketahui traveler pun demikian belum ada ulasan wisata di situs-situs traveling. Namanya adalah Selemot di Desa Setengar yang letaknya berada di kecamatan Bunguran Selatan. Lanskap alam pedesaan yang indah ini Travelingyuk dapatkan dari salah satu akun instagram traveler yang pernah bermalam di desa ini. Dilihat dari foto-fotonya serta deskripsi yang ada, nampak jelas jika desa Setengar ini memang memiliki wajah cantik yang bikin traveler enggan berkedip. Perjalanan menuju ke lokasi bisa dilakukan lewat kota Ranai dengan berkendara selama 2 jam.

07. Pantai Tanjung
Membaur dengan warga asli Natuna bisa dilakukan traveler saat berkunjung ke Pantai Tanjung. Pantai ini adalah salah satu tujuan wisata favorit warga Natuna. Pada hari libur bibir pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang rata-rata adalah warga sekitar. Pantai Tanjung terletak di desa Tanjung, kecamatan Bunguran Timur dan bisa ditempuh dengan berkendara selama 20 menit dari kota Ranai. Daya pikat yang dimiliki pantai ini antara lain pasir pantai yang putih, laut yang biru serta ombak yang landai.

08. Pantai Teluk Buton
Pantai Teluk Buton di desa Teluk Buton, kecamatan Bunguran Utara, Natuna adalah destinasi selanjutnya yang sayang terlewatkan. Pasalnya beberapa kali kawasan pantai dan desa Teluk Buton ini telah dikunjungi tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya pemetaan Cagar Budaya Bawah Air. Pantai Teluk Buton menjadi atraksi wisata tersendiri bagi warna Natuna di akhir pekan. Sebab ini adalah satu dari sedikit tempat wisata keren di Natuna yang sudah memiliki akses jalan yang mudah untuk dilalui kendaraan. Pantas saja jika libur lebaran dan libur nasional lainnya pantai yang menghadap Laut Cina Selatan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

09. Pantai Sahi
Pantai Sahi adalah salah satu tujuan wisata yang populer di Natuna. Posisinya hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari ibukota kabupaten Ranai dimana aksesnya bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan memakan waktu kurang dari satu jam. Pantai Sahi terkenal dengan landmark pulau batu di tengah laut yang bernama Pulau Sahi. Saat kondisi laut sedang surut traveler bisa menuju ke pulau tersebut dengan jalan kaki. Saat pasang pantai ini begitu asyik untuk digunakan bermain air sebab airnya sangat jernih dan bersih.

10. Air Terjun Gunung Ranai
Meski suguhan utama traveling ke Natuna adalah wisata bahari namun daratan kabupaten Natuna yang berupa perbukitan juga menyimpan wisata alam yang tak kalah menarik lewat Air Terjun Gunung Ranai. Air terjun ini lokasinya masih cukup tersembunyi dan belum dibuka untuk tujuan wisata komersil. Namun demikian kondisi seperti itu memberikan keuntungan sendiri bagi traveler yang hobi petualangan. Membelah hutan dan menaiki perbukitan melalui jalan setapak nan terjal menjadi rute wajib yang harus dilahap setiap traveler. Hadiahnya adalah pemandangan alam yang perawan serta air terjun alami yang punya air bersih siap menyambut traveler. (NDIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.