Bondan Winarno Beri Resep Sukses Bisnis Kuliner

0
806

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: Menjadi pengusaha menjadi keinginan bagi banyak orang. Tentu, banyak dari Anda kebingungan memilih sektor usaha yang akan dijalankan untuk meraih pundi-pundi uang.

Tapi, bagi Anda yang memiliki kesukaan dalam bidang kuliner bisa mengikuti beberapa poin ini. Pemerhati sekaligus pelaku bisnis kuliner Bondan Winarno menuturkan memiliki 10 kunci sukses dalam membangun bisnis kuliner. Tips ini disampaikan saat acara PPK Sampoerna Expo di Surabaya, Sabtu (5/9/2015).

01. Ketahui semua komponen harga.
Hal tersebut penting untuk mengatur manajemen keuangan usaha. Semua harus tahu kapan harga cabai naik, kita menyimpan stok cadangan. Dan ditulis jangan di awang-awang.

02. Tetapkan peran Anda.

Dalam sebuah usaha mesti dihindari peran berganda agar usaha menjadi fokus. Kalau berhasil berkembang tetapkan peran, kalau usaha besar mau jadi koki atau manajer, nggak bisa dua-duanya.

03. Memilih lokasi.

Jadi harus ditentukan lokasi mana yang tepat agar mudah dijamah konsumen. Memang, selama ini banyak pelaku usaha yang meskipun terletak di tempat yang sulit dijangkau tapi memiliki banyak penggemar. Sebaiknya hal tersebut dihindari karena Anda merupakan pemain baru usaha ini. Kalau Anda mulai jangan pakai anomali, dengan menggunakan hal-hal sukses orang lain.

04. Menetapkan sasaran konsumen Anda.

Dalam usaha kuliner Anda mesti memahami kriteria pelanggan Anda. Misal, untuk pekerja kantor seorang pelaku usaha mesti menyesuaikan harga, makanan harus kenyang dan bisa disajikan secara cepat karena pegawai kantor memiliki waktu istirahat relatif pendek.

05. Memperbaiki pemasaran.

Pemasaran merupakan kunci sukses dalam berwirausaha.

06. Hadir secara digital.

Kalau misalnya orangnya habis makan tolong difoto, paling tidak 10-20 anak buahnya makan disitu.

07. Tawarkan menu untuk dibawa pulang.

08. Berikan pelatihan kepada Sumber Daya Manusia (SDM).


09. Berikan kupon atau promosi.

Langkah tersebut merupakan salah satu cara efektif untuk menarik pelanggan.

10. Perlakukan pelanggan sebagai raja.
Artinya, selalu puaskan pelanggan Anda. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.