Home DAERAH Bitung Siap Jadi Pintu Gerbang Wisman di Kawasan Pasifik

Bitung Siap Jadi Pintu Gerbang Wisman di Kawasan Pasifik

0
860
Pulau Lembeh Bitung (Foto: indiragustikaurbanus.wordpress.com)

BITUNG, test.test.bisniswisata.co.id: Berbagai potensi pariwisata dan proyek pembangunan di Kota Bitung Sulawesi Utara (Sulut) akan mampu membuat wilayah itu menjadi pintu gerbang penting bagi masuknya wisatawan mancanegara (wisman) di kawasan Pasifik. Apalagi letak dan potensi Bitung berada di bibir pasifik.

“Potensi yang luar biasa yang dimiliki Kota Bitung yang nantinya didukung oleh berbagai kebijakan nasional berkaitan dengan prasarana dan sarana penunjang, maka Bitung harus mampu ‘berbicara’ di kawasan pasifik,” kata Max miliaan Jonas Lomban, Walikota Bitung dalam Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-26 Kota Bitung, Selasa (11/10/2016).

Bitung, lanjut dia, akan menjadi titik simpul dari berbagai proyek stategis nasional dan akan banyak pengusaha nasional dan internasional memanfaatkan sarana dan prarasana yang menjadi titik simpul di kota tersebut.

Wali Kota mengatakan, adanya mega proyek seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Jalan Tol Manado Bitung, Pelabuhan Laut Internasional Samudra Bitung dan jalur Kereta api Makasar-Bitung, akan menjadi titik simpul Bitung, secara otomatis menjadi pintu gerbang ke kawasan pasifik. “Apalagi promosi wisata Bitung sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia, maka tujuan pintu gerbang itu dapat terwujud,” kata Lomban.

Ketua DPRD Kota Bitung Laurents Supit mengungkapkan berbagai keberhasilan Kota Bitung yang mendapatkan penghargaan tingkat nasional di usia ke-26 antara lain, penghargaan lima kali berturut turut WTP dari Depkeu dan BPK, penghargaan dari kementerian Perhubungan berkaitan dengan Pelabuhan Peti Kemas, sebagai pengelola dan pelayanan terbaik dan penghargaan terbaik pertama dalam PMI tingkat nasional.

Pencapaian ini, kata Supit, karena kerjasama pihak Pemerintah Kota Bitung, DPRD dan masyarakat yang ingin memajukan Kota Bitung bahari berseri. Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-26 Kota Bitung, dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bitung Laurents Supit, dihadiri seluruh anggota DPRD, serta anggota DPR Provinsi Sulut utusan Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa utara.

Ada 10 Destinasi Wisata Utama di Kota Bitung. Di kota yang berjarak 45 kilometer dari Manado ini terdapat berbagai obyek wisata menarik dan beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan wisata bahari. Berikut daftar destinasi utama di Kota Bitung sebagai referensi buat Anda yang tertarik untuk mengunjungi kota di bagian Utara Pulau Sulawesi ini.

01. Selat Lembeh

Selat sepanjang 16 kilometer dengan lebar 1-2 kilometer ini memiliki 88 spot penyelaman yang tak kalah indah dibanding dengan Taman Nasional Laut Bunaken. Beraneka biota laut akan menyajikan pemandangan yang menarik termasuk ribuan jenis ikan seperti Mimic Octopus yang hanya ada di Lembeh.

02. Pelabuhan Bitung

Pelabuhan Bitung merupakan pelabuhan alam terbesar di Sulawesi Utara yang menjadi tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal baik kapal penumpang, kapal kargo maupun kapal nelayan dan juga terdapat Dermaga khusus milik Angkatan Laut RI.

03. Dermaga Ruko Pateten

Merupakan dermaga super sibuk untuk taksi perahu menuju desa-desa yang ada di Pulau Lembeh dan juga tempat menambatkan perahu nelayan. Dermaga inilah akses menuju spot-spot penyelaman.

04. Monumen Trikora Mandala Sakti

Terletak di Batu Lubang, tepian Pulau Lembeh merupakan monumen sejarah Perang Dunia II. Terlihat dfengan sangat jelas dari daratan Bitung seakan menyampaikan ucapan selamat datang di Pulau Lembeh.

05. Taman Marga Satwa Tandurusa

Berlokasi di Aertembaga Bitung, di Taman Marga Satwa ini dapat dijumpai primata terkecil di dunia, Tarsius yang merupakan monyet kecil yang hanya terdapat di Pulau Sulawesi.

06. Airprang

Berada di Kelurahan Makawidey, Aertembaga, lokasi ini merupakan sumber air bersih bagi penduduk di sekitar Pulau Lembeh dengan formasi 300 lebih anak tangga.

07. Suaka Alam Gunung Batu Angus dan Gunung Tangkoko

Kawasan suaka alam Batu Angus berada di Kelurahan Makawidey Kecamatan Aertembaga, sementara Gunung Tangkoko berada di wilayah Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Ranowulu.

08. Gunung Dua Sudara
Gunung kembar yang berada di Kecamatan Ranowulu ini sangat tepat bagi penyuka wisata alam tracking dan hiking.

09. Lokasi Perang Dunia II

Berupa lokasi karamnya kapal sewaktu Perang Dunia Kedua. Sangat tepat bagi penyelaman. Berada di dua lokasi yakni di bawah laut Kelurahan Mawali, Lembeh Utara dan di bawah Laut depan Bimoli, Kecamatan Madidir.

10. Pantai-pantai yang indah dengan Pasir Putih

Terdapat beberapa pantai indah dengan pasir putihnya di antaranya Pantai Millenium, Pantai Batu Putih, Pantai Langi, Pantai Tanjung Merah, Pantai Pasir Panjang, Teluk Kasuari, Teluk Kungkungan dan Teluk Walenekoko. (*/A)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here