Bintan menikmati kebijakan bebas visa dengan mengalirnya wisman dari Singapura

0
1482
Bintan, Kepulaua Riau, menikmati peningkatan kunjungan wisman paska pemberian bebas visa bagi 30 negara. ( foto: alwayslove indonesia.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kebijakan menambah jumlah negara yang menerima bebas visa membuahkan hasil positif terutama bagi Provinsi Kepulauan Riau karena kunjungan wisatawan mancanegara dalam tiga minggu pertama pelaksanaanya naik hingga 7500 wisman.

“Untuk satu minggu pertama implementasi bebas visa Juni lalu ada peningkatan 2500 wisman ke Bintan. Pada minggu ke tiga jumlahnya sudah mencapai 7500 orang. Hal ini membuktikan bahwa  jika pemerintah meningkatkan pelayanan maka otomatis  pendapatkan bertambah,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dalam ilmu pemasaran, siapa yang bisa memenangkan hati konsumen maka dia akan memenangkan persaingan.Jadi pihaknya optimistis, kebijakan bebas visa dan promosi yang terus ditingkatkan akan mendongkrak kunjungan wisman ke Indonesia.

Pasca implementasi pemberian 30 negara bebas visa Juni silam, peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia meningkat hingga tiga kali lipat yang datang melalui Kepulauan Riau (Kepri). Wilayah ini menjadi salah satu gerbang masuk wisman ke Indonesia karena dekat dengan Singapura.

“Kami optimistis dari penambahan 30 negara penerima bebas visa itu akan ada tambahan 1 juta wisman dalam tahun 2015 ini. Pemerintah sebelumnya memberikan bebas visa bagi 15 negara terutama dari negara Asean lalu mulai Juni  menambah 30 negara penerima bebas visa lagi sehingga total menjadi 45 negara,”

Arief menambahkanPresiden Jokowi dan hasil rapat kordinasi dengan  Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli menetapkan Pemerintah menambah negara penerima fasilitas bebas visa dari yang sebelumnya 45 negara menjadi 90 negara mulai Oktober 2015.

“Jadi ada tambahan lagi 45 negara baru. Mengapa hal ini kita lakukan karena ternyata (kebijakan) bebas visa merupakan cara paling cepat untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Indonesia juga dapat bersaing dengan negara-negara tetangga yang sudah terlebih dahulu memberikan bebas visa seperti Malaysia yang sudah memberikan bebas visa bagi 154 negara, Thailand kepada 56 negara dan Singapura berikan bebas visa untuk 170 negara,”

Menurut Arief Yahya, peningkatan wisman dari pintu masuk Kepri itu umumnya wisman maupun ekspatriat yang sudah berada di Singapura yaitu dari kebangsaan China, Korea Selatan (Korsel), Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Posisi kedua dari Korsel  yang sebelumnya diprediksi Jepang akan menjadi negara kedua terbanyak yang akan berkunjung. Sementara itu negara-negara ASEAN tidak masuk perhitungan karena sudah bebas visa sejak awal. “Singapura tidak dihitung ya, karena dia (Singapura) kan dari dulu memang sudah bebas visa,” jelas Arief.

Kepri sendiri menjadi satu dari tiga pintu masuk utama wisatawan ke Indonesia. Dua lainnya ialah Bali dan Jakara. Ketiganya dipromosikan sebagai Great Bali, Great Jakarta, dan Great Indonesia. Ketiga tempat ini memberi kontribusi 90 persen dari total kunjungan wisman ke Indonesia.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kepulauan Riau meningkat di bulan September 2015 pada minggu kedua imbas dari pemberlakuan Bebas Visa Kunjungan Wisatawan. Pada minggu pertama bulan September tercatat 2.184 orang dan kemudian meningkat pada minggu kedua sebesar 9.613 orang berdasarkan data dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Kepulauan Riau.

“Laporan (kunjungan wisman) dari Kepulauan Riau sangat bagus tentang visa free (bebas visa). Pelabuhan yang di Bintan sudah mengalahkan pelabuhan tradisional kita di Batam,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam paparan “Orientasi Jurnalis Pariwisata”, Kamis lalu di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata,Jakarta,

Menpar menyebutkan jumlah wisatawan mancanegara yang tercatat melalui TPI Pelabuhan Laut Batam Center, Pelabuhan Sekupang, dan Pelabuhan Laut Bandar Bentan Telani. Untuk Pelabuhan Laut Batam Center pada minggu kedua baru mencapai angka 2.000 orang, Pelabuhan Sekupang di angka 1.000 orang, dan Pelabuhan Laut Batam Center di angka 4.000 orang.

Arief mengatakan Kepulauan Riau sebagai Border Tourism (destinasi wisata di wilayah perbatasan) telah sempurna dan akan menjadi next Bali apalagi pemandangan alam dan infrastrukturnya sudah baik sehingga Bintan menjadi Bali ke dua yang ramai di kunjungi wisatawan mancanegara

“Jangan lupa Singapura ada 16 juta wisman, 3,5 juta penduduk dan 1,8 juta ekspatriat asing yang tinggal di sana. Jadi kalau week-end pilihannya ke Bintan maka kunjungan wisman ke Kepri akan menembus angka yang selama ini di raih Bali,” ([email protected])

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.