Biak Bangun Kampung Wisata Bahari Rp 7 Miliar

0
964
Wisata bahari di Biak Numfor (foto: ellatour01.blogspot.com)

BIAK PAPUA, test.test.bisniswisata.co.id: PEMERINTAH Kabupaten Biak Numfor, Papua membangun sarana prasarana pariwisata Kampung Wisata di Kepulauan Samberpasi Distrik Kepulauan Padaido/Almado. Kampung wisata yang dibangun dengan anggaran Rp 7 miliar ini diharapkan menjadi pusat objek wisata bahari.

Fasilitas wisata yang dibangun drainase, lampu jalan, cottage, pondok informasi wisata, jalan lingkungan, perumahahan, pelabuhan, ruang serbaguna serta sarana wisata bahari rubberboat, jet sky, peralatan selam, klinik dan playsground sehingga diharapkan menjadi icon untuk wisata bahari Biak Numfor.

“Keberadaan kedepan fasilitas prasarana kampung wisata Samberpasi ini, bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata. Juga pendapat masyarakat akan meningkat,” papar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor, Y Usior di Biak, Selasa (22/12/2015).

Dilanjutkan, pemkab Biak Numfor melalui dinas pariwisata dan kebudayaan Biak Numfor, kini tengah mengupayakan bantuan sarana transportasi kapal cepat laut jenis speadboat.

Menyinggung kegiatan promosi pariwisata, menurut dia, itu salah satu strategi mengembangkan potensi pariwisata Biak melalui promosi wisata daerah.

“Faktor promosi potensi wisata bahari Biak diharapkan pada tahun depan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Biak,” kata dia.

Pelaksana Tugas Bupati Thomas Ondy menyatakan dengan disiapkan fasilitas pariwisata dan perikanan diharapkan kampung wisata Samberpasi menjadi daerah tujuan untuk berlibur dengan menikmati keindahan alam laut dan sekitarnya.

“Pemkab Biak Numfor berharap semua elemen masyarakat mendukung program sektor pariwisata dan perikanan dalam rangka mengimplementasikan sektor kemaritiman yang menjadi program pemerintahan Presiden Jokowi,” katanya.

Berdasarkan data, kepulauan Padaido dan Aimando merupakan daerah kawasan taman laut yang menyimpan beragam potensi sumber daya alam laut dan perikanan sehingga menjadi daya tarik wisata untuk menyelam atau diving.

Berdasarkan data kunjungan wisatawan ke Biak hingga penghujung tahun 2015 masih didominasi turis Jepang, Eropa serta sejumlah wisatawan dari Korea, Tiongkok, Amerika dan Australia. (*/e)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.